Football Institute Soroti Hubungan PSSI dan PT LIB Soal Kelanjutan Liga 1, Beda Prioritas?

Asad Arifin | 30 November 2022 15:37
Football Institute Soroti Hubungan PSSI dan PT LIB Soal Kelanjutan Liga 1, Beda Prioritas?
Duel Arema FC vs Persib Bandung di pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/23, Minggu (11/9/2022) (c) Dok. Arema FC

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa memastikan kapan Liga 1 2022/2023 bakal dilanjutkan. Di sisi lain, Football Institute menilai PSSI punya prioritas yang berbeda dengan fokus membicarakan venue Piala AFF 2022.

PT LIB telah memastikan Liga 1 urung dilanjutkan pada 2 Desember 2022 nanti. Hal itu tersirat dari pernyataan Direktur PT LIB, Ferry Paulus usai melakukan pertemuan dengan Polri di Mabes Polri, Selasa (29/11/2022).

Ferry Paulus menyebut, kemungkinan besar izin dikeluarkan Polri setelah proses verifikasi terhadap dua stadion yang akan dipakai selesai dilaksanakan. Kedua stadion yang belum diverifikasi adalah Stadion Moch Soebroto, Magelang dan Stadion Sultan Agung, Bantul.

Founder Football Institute, Budi Setiawan, mundurnya lanjutan BRI Liga 1 yang direncanakan digelar awal desember kandas karena Perpol masih belum sempurna. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Penjelasan Lebih Lanjut

Menurutnya, ada beberapa catatan, pertama, dari Perpol 10 tahun 2022 ini, ada timeline pengajuan izin kompetisi yaitu 60 hari, sehingga niat LIB untuk menggelar lanjutan kompetisi secara timeline sudah terhadang dengan masa pengajuan izin.

"Kedua, sistem bubble yang diusulkan oleh LIB untuk venue pertandingan dan jumlah penonton tidak bisa berjalan karena yang ditunjuk adalah Jawa Tengah dan DIY," kata Budi Setiawan kepada Bola.com, Selasa malam (29/11/2022).

2 dari 2 halaman

PSSI dan LIB Tak Sejalan?

Bukan hanya itu, Budi Setiawan menduga adanya hubungan yang kurang harmonis antara PT LIB dan PSSI. Hal itu bisa dilihat dari sepak terjang Sekjen PSSI, Yunus Nusi yang tidak ada actionnya dalam mengurus kompetisi.

"Saat LIB sibuk mempersiapkan kompetisi, sekjen PSSI malah sibuk soal stadion buat piala AFF, sampe minta diskon pula. Dari sini terlihat tidak ada skala prioritas dalam menjalankan program. Kami ingin dengar dia ada ide atau terobosan apa biar kompetisi jalan," kata Budi Setiawan.

Disadur dari Bola.com: Nandang Permana/Wiwig Prayugi, 30 November 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR