Hasil Piala Presiden 2022: Bungkam PSS Sleman, Borneo FC Selangkah Lebih Dekat ke Final

Dimas Ardi Prasetya | 7 Juli 2022 22:59
Semifinal Piala Presiden 2022 Leg 1: PSS Sleman vs Borneo FC (c) Bola.net

Bola.net - Borneo FC berhasil meraih kemenangan saat bersua PSS Sleman di leg pertama semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (07/07/2022) malam WIB.

Pertandingan berlangsung dengan sengit dan cukup keras. PSS Sleman memang tampil apik tapi Borneo lebih efektif di depan gawang.

Dua gol Borneo FC semuanya diborong oleh Matheus Pato. Salah satunya berasal dari umpan Stefano Lilipaly.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Babak Pertama

Borneo FC tancap gas melakukan serangan. Baru dua menit, mereka mendapat peluang emas lewat sepakan keras Jonathan Bustos dari luar kotak penalti. Namun, kiper Muhammad Ridwan masih bisa menepisnya.

Tim tuan rumah PSS mencoba untuk menembus pertahanan Pesut Etam dengan melakukan serangan balasan. Ze Valente mencoba melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, tembakannya masih bisa diblok di menit ke-14.

Borneo lantas mencetak gol dulur di menit ke-18. Adalah Matheus Pato yang mampu memanfaatkan kesalahan Manda Cingi. Dia merebut bola yang melakukan tendangan datar yang gagal dibendung Ridwan.

Kondisi tertinggal 0-1 membuat PSS berusaha mencetak gol balasan. Tapi Borneo justru yang mendapat peluang emas di menit ke-38. Terens Puhiri nyaris menggandakan keunggulan Borneo, tapi bola bisa diblok Ridwan.

Pato kembali mencatatkan namanya di papan skor jelang berakhirnya babak pertama. Dia menerima umpan pendek dari Stefano Lilipaly di dalam kotak penalti. Dengan satu sentuhan, Pato menjebol gawang Ridwan lewat sepakan keras.

Permainan agresif Borneo di babak pertama ini membuat mereka unggul 2-0 sampai waktu membunyikan peluit. Keunggulan mereka bertahan sampai turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

PSS tampil lebih menyerang demi mencetak gol balasan di babak kedua. Peluang mereka lahir di menit ke-57 setelah Todd Ferre menerima bola dari Ze Valente. Sayang, sepakannya bisa diblok oleh Angga Saputro.

Borneo tidak ketinggalan dengan mencoba menyerang balik. Di menit ke-58, Matheus Pato memberi bola kepada Terens Puhiri di luar kotak penalti. Terens pun melepas tembakan keras yang masih bisa dihalau Ridwan.

Peluang Borneo kembali muncul di menit ke-70. Kali ini, giliran Kei Hirose yang mengirim bola kepada Leo Guntara yang menghasilkan ancaman ke pertahanan PSS. Namun, tembakannya belum terarah.

PSS mendapat peluang emas mencetak gol di menit ke-71. Adalah Dave Mustaine yang menjadi eksekutor tendangan bebas. Dari jarak jauh, dia melepas tembakan keras yang terarah, namun Angga Saputro bisa menepisnya.

Super Elja masih terus melakukan serangan. Itu berkat Boaz Solossa yang mengirim bola kepada Ze Valente di menit ke-80. Sayang, sepakannya kembali mampu diamankan oleh Angga Saputro yang sigap.

Tak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang. Borneo FC berhasil menginjakkan satu kakinya di partai final dengan kemenangan 2-0 di leg pertama ini.

Kedua tim masih akan berjumpa pada leg kedua di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (11/7/2022) malam. Borneo tentu berpeluang untuk melaju ke partai puncak karena bakal berstatus tuan rumah di leg kedua semifinal.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Muhammad Ridwan (kiper); Bagus Nirwanto, Purwoko Yudhi, Marckho Meraudje, Rifky Suryawan (belakang); Manda Cingi, Ze Valente, Dave Mustaine (tengah); Komarudin, Riki Dwi Saputro, Todd Ferre (depan)

Pelatih: Seto Nurdiantoro

Borneo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Fajar Fathurrahman, Javlon Guseynov, Wildansyah, Leo Guntara (belakang); Kei Hirose, Hendro Siswanto, Jonathan Bustos (tengah); Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR