FOLLOW US:


Inter Island Cup Mulai Digelar 10 Januari 2014

24-12-2013 20:01
Inter Island Cup Mulai Digelar 10 Januari 2014
Sekjen PSSI, Joko Driyono © ligaindonesia
Bola.netBola.net - kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013-2014, dipastikan bergulir pada tanggal 1 Februari 2014. Sebanyak 22 klub, akan tampil dalam kompetisi yang mengusung format dua wilayah, Barat dan Timur.

Sebagai pemanasan, klub-klub kontestan ISL akan tampil di Inter Island Cup (IIC) 2014 yang digelar pada tanggal 10-25 Januari 2014. Adapun babak final, akan diadakan pada tanggal 25 Januari 2014.

"IIC 2014 akan dibagi dalam tiga fase, yaitu kualifikasi di level zona/pulau, delapan besar, dan final," terang Sekretaris jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono.

Dilanjutkan Joko, nantinya terdapat empat zona dalam kompetisi pra session ini yaitu zona Sumatera, Jawa, Kalimantan, serta Sulawesi/ Kalimantan.

Pada zona Sumatera, kuota tim yang lolos hanya satu. Sedangkan zona Jawa akan meloloskan 3 klub. Di zona Kalimantan, quota tim yang lolos hanya 2 klub. Kemudian zona Sulawesi/Kalimantan juga hanya meloloskan 2 klub.

"Untuk zona Sumatera akan ada derby Semen Padang vs Sriwijaya. Pemenangnya, berhak lolos ke babak delapan besar. Untuk kualifikasi zona Jawa akan diikuti oleh 12 klub yang dibagi menjadi tiga grup. Juara grup berhak ke delapan besar," imbuh Joko.

Pada babak kualifikasi, di zona Kalimantan akan diikuti empat klub dengan menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Juara grup dan runner up berhak lolos ke babak delapan besar. Lalu zona Sulawesi/Kalimantan akan diikuti empat klub. Sama seperti zona Kalimantan, klub yang menjadi juara grup dan runner up-lah yang berhak ke babak delapan besar.

"Delapan klub yang lolos dari zona kualifikasi akan dibagi ke dalam dua grup dengan format home tournament dan sistem setengah kompetisi. Masing-masing juara grup berhak melaju ke babak final," tuntasnya.