FOLLOW US:


Kasus Video Rasis Pemain Persija Masuk ke Komdis PSSI

28-03-2018 15:42
Kasus Video Rasis Pemain Persija Masuk ke Komdis PSSI
Persija Jakarta © Fitri Apriani

Bola.net - Kasus video rasis yang melibatkan pemain Persija Jakarta sampai ke PSSI. Federasi sepakbola Indonesia itu akan membawanya ke ranah Komisi Disiplin (Komdis).

Sebelumnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan beberapa pemain Persija di antaranya Gunawan Dwi Cahyo, Achmad Syaifullah, dan Riko Simanjuntak. Dalam video yang live di instagram milik salah satu pemain Persija tersebut, terdengar ucapan yang tidak pantas kepada suporter Persib Viking.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menilai pemain sebagai pelaku sepakbola Indonesia tak seharusnya bersikap demikian. Untuk itu, Komdis PSSI harus bertindak tegas karena ini bisa menjadi dampak buruk ke depannya.

"Ini harus kita pantau bersama, kita kawal bersama, siapapun pelaku sepakbola khususnya pemain dan official. Ini menjadi kasus yang patut untuk ditindaklanjuti oleh Komisi Disiplin karena kita sekarang di dunia yang tidak tertutup. Oleh karenanya hal yang demikian tentu harus kita kurangi," ujar Joko dalam acara konferensi pers ISEF di Gedung G9, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Kasus tersebut, lanjut Joko menjadi pelajaran bagi pelaku sepakbola Indonesia untuk menjaga sikap, baik di lapangan atau di media sosial. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator juga wajib memonitor dan bersikap tegas.

"Ini kasus yang serius, ini menjadi telaah di PSSI, khususnya di Liga Indonesia Baru untuk melakukan telaah semua aktivitas pelaku sepakbola. Tidak hanya di lapangan, tapi juga di media termasuk di sosial media," lanjutnya.