FOLLOW US:


Kata Dokter Persebaya Ihwal Panduan Protokol Kesehatan Liga 1

08-06-2020 13:08

 | Gia Yuda Pradana

Kata Dokter Persebaya Ihwal Panduan Protokol Kesehatan Liga 1
Latihan Persebaya Surabaya © Official Persebaya

Bola.net - Federasi sepak bola Indonesia sudah menyusun panduan protokol kesehatan untuk menyambut kompetisi Liga 1 2020, yang rencananya kembali digulirkan September mendatang. Sejauh ini, panduan tersebut belum disahkan.

Namun, meski belum ditetapkan oleh PSSI, protokol kesehatan itu mendapat sambutan positif. Salah satunya adalah dari dokter tim Persebaya Surabaya, dr. Pratama Wicaksana.

"Kalau itu direncanakan untuk diterapkan ya tentunya kita harus mengikuti," kata dokter yang akrab disapa Tommy itu kepada Bola.net, Senin (8/6/2020).

"Karena itu salah satu hal yang dibutuhkan terkait kelanjutan Liga," alumnus Universitas Brawijaya tersebut menambahkan.

Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 mengatur pencegahan dan pengendalian Covid-19. Itu mulai dari latihan, sebelum pertandingan, saat hari pertandingan, hingga setelah pertandingan.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Kewajiban Rapid Test

Kewajiban Rapid Test
Persebaya Surabaya © Bola.com/Aditya Wany

Panduan tersebut juga mengatur kewajiban klub untuk melakukan rapid test kepada pemain dan ofisial seminggu sekali. Itu termasuk tambahan rapid test sehari menjelang pertandingan.

Terkait kewajiban rapid test, kata Tommy, klub pasti akan mengikutinya. Pasalnya, itu sudah menjadi kewajiban yang harus dipatuhi oleh peserta kompetisi.

"PSSI sudah menetapkan pedoman, seperti apa itu sudah dipertimbangkan oleh PSSI," lanjutnya.

Tommy juga menganggap panduan tersebut sudah cukup ideal. Dia pun tidak memberikan koreksi atau tambahan saran terhadap protokol kesehatan yang dibuat dr. Syarif Alwi dkk.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)