FOLLOW US:


Ketika Karakter dan Daya Juang Anak-anak Indonesia Diakui di Ajang Sepakbola Internasional

08-11-2018 15:32
Ketika Karakter dan Daya Juang Anak-anak Indonesia Diakui di Ajang Sepakbola Internasional
SingaCup 2018. © singacup.com/

Bola.net - SingaCup merupakan salah satu turnamen sepakbola terpenting. Okky Youth Soccer Team mengutus 16 pemain terbaik dari 6 kota besar di Indonesia ke ajang yang berlangsung dari 5-8 Nov 2018 di The Cage Sports Park Singapura ini.

Singacup 2018 diikuti oleh 8 negara termasuk Filipina dan Australia. Berbekal kekompakan, kerja keras dan semangat pantang menyerah, pada Kamis pagi 8 Nov 2018 Okky Youth Soccer Team meraih kemenangan pada babak final U-12 Singacup 2018. Gema dan kebanggaan terasa hingga Tanah Air saat kabar bahagia ini disiarkan langsung Asisten Pelatih, Ami Handayani, kepada para wartawan di Jakarta melalui WhatsApp pribadinya.

Dalam pesannya, Ami menyebut bahwa daya juang yang luar biasa dari para pemain membuat mereka mampu mengatasi perlawanan tuan rumah JSSL Singapura dengan kemenangan telak 7-2. Masing-masing gol tersebut ditorehkan oleh M. Hanif (lima gol), Hidayatulloh dan Catur Bima R. "Hari ini anak-anak bermain luar biasa, tanpa beban dan di luar ekspektasi. Semua lini memiliki peran masing-masing untuk menjuarai laga final ini. Tekad dan semangat anak-anak adalah kunci kemenangan pada partai final ini. Selamat dan sukses buat anak anak hebat tim Okky Youth Soccer 2018. Kami sangat bangga kepada kalian," ujarnya penuh kebahagiaan.

Lebih jauh Ami menambahkan, permainan anak-anak Okky Youth Soccer Team setiap hari menunjukkan kemajuan "Komunikasi pemain di lapangan juga cukup baik, kondisi fisik makin bagus. Walau partai final berlangsung di tengah cuaca panas tetapi anak-anak tetap penuh semangat bermain demi mengharumkan nama Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya di pertandingan perempat final, tim asuhan Asep Padian tersebut menang 5-0 melawan Football West (Australia). Disambung kemenangan 3-2 pada babak semifinal melawan Bandung Pro United yang juga berasal dari Indonesia. Di babak semifinal ini, Okky Youth Soccer Team sempat tertinggal dengan skor 2- 0 setelah tendangan penalti dan serangan balik dari Bandung Pro United berjalan efektif. Namun pada menit ke-20 babak pertama, Dhimas berhasil memasukkan satu gol. Pada babak kedua, anak-anak Okky Youth Soccer Team bermain spartan dengan semangat sangat tinggi. Hasilnya, menit ke 38, Dhimas kembali menambah satu gol sehingga kedudukan menjadi seri. Selanjutnya di menit ke-45, Mokhamad Hanif berhasil membukukan kemenangan Okky menjadi 3-2.

"Selain konsisten, anak-anak juga mampu bermain dengan tenang, disiplin dan mendengarkan arahan pelatih. Tidak hanya itu, Okky Youth Soccer Team juga mendapat apresiasi dari peserta dan supporter lain karena karakter anak-anak yang selalu ceria dan mau menolong. Mereka bermain dengan sportif, gembira, membuat persahabatan baru bahkan menunjukkan kepedulian tinggi pada tim lawan yang terjatuh. Hal ini sejalan dengan semangat dari produk Okky yang selalu membawa keceriaan. " ujarnya

16 pemain yang berlaga di U-12 Singacup 2018 ini merupakan hasil seleksi dari Okky Youth Soccer League (OYSL) 2018 dan talent scouting dari Dede Sulaiman dan Berti Tutuarima pada Okky National championship 11 September 2018 lalu. Para pemain telah menjalani training centre (pemusatan latihan)/TC selama 7 hari di Sentul, Bogor, Jawa Barat, serta sejumlah laga persahabatan. Selama proses TC, para pemain juga menjalani berbagai kegiatan di antaranya kunjungan ke pabrik PT. Suntory Garuda Beverage, produsen Okky, di Gunung Putri serta studi banding ke Cipta Cendikia Football Academy.

OYSL 2018 merupakan program yang bertujuan mengembangkan bibit persepakbolaan Tanah Air yang dilaksanakan sejak 2017 oleh PT. Suntory Garuda Beverage (SGB) bekerjasama dengan Kemenpora dan Indonesia Junior Soccer League (IJSL).

SGB merupakan perusahaan joint venture Suntory Jepang dan Garuda Food. U-12 OYSL 2017 hanya hadir di Jabodetabek, tapi OYSL 2018 hadir di enam kota besar, yakni Surabaya, Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang dan Jakarta.

Dengan cakupan wilayah yang semakin luas, jumlah tim yang terlibat pun semakin banyak karena setiap kota pelaksanaan melibatkan 30 tim sepak bola anak usia 10-12 tahun. Jadi ada lebih dari 3.780 anak terlibat dan 210 tim peserta. U-12 Okky Youth Soccer League 2018 juga hadir di sekolah-sekolah dasar dalam bentuk coaching clinic, edukasi dan fun game.

Maju terus Okky Youth Soccer League untuk mengembangkan sepakbola U-12 di Indonesia!.