FOLLOW US:


Ketika Komunikasi PSSI dan Shin Tae-yong yang Tersumbat Sudah Lancar Lagi

27-06-2020 07:45

 | Asad Arifin

Ketika Komunikasi PSSI dan Shin Tae-yong yang Tersumbat Sudah Lancar Lagi
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019) © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Komunikasi yang tersumbat antara PSSI dengan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah selesai. Hanya dalam waktu kurang enam jam lewat obrolan virtual, kedua belah pihak fokus ke depan membangun tim nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Dalam keterangan pers pada Jumat (26/6/2020) malam, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengungkapkan diskusi yang konstruktif dengan Shin Tae-yong.

Iwan Bule memastikan tidak ada polemik lagi sebagai buntut perdebatan di media kemarin. Baik di media nasional maupun Negeri Ginseng.

Adapun sebab dari komunikasi yang tersumbat itu dikatakan Iwan Bule karena ada kendala pandemi virus corona. Baik PSSI maupun Shin Tae-yong sepakat untuk tidak berpolemik lagi.

"Beliau ingin terus membangun timnas," kata Iwan Bule.

Mengenai komitmen menangani timnas senior hingga U-19 juga tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, itu semua sudah tertera di dalam kontrak kerja yang ditandangani Shin Tae-yong, dengan durasi empat tahun.

Shin Tae-yong segera menyusun daftar pemain yang akan dipakai. Khususnya menuju Piala AFC U-19 2020, yang bakal digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang.

"Satu dua hari ini ia akan membuat peta jalan yang baru," kata Iwan Bule.

Peta jalan atau road map yang baru memang diperlukan karena situasi dan kondisi sekarang mengalami perubahan lantaran pandemi virus corona. Dan, semua negara mengalaminya.

Nantinya setelah road map selesai dibuat, PSSI akan mempelajarinya. Lalu ada diskusi untuk menyepakati poin-poin mana saja yang oke dan tidak.

Setelah ada kesepahaman dalam road map, Shin Tae-yong akan segera kembali ke Indonesia. Untuk menjalankan road map baru yang telah disepakati.

"Saya berharap awal Juli yang bersangkutan sudah kembali," ucap Iwan Bule.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Rencana ke Korea Selatan

Di sisi lain, Iwan Bule menegaskan PSSI bukannya tidak mau menerima rencana pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Seperti yang diinginkan oleh Shin Tae-yong.

Namun melihat pertimbangan efektivitas dan efisiensi pada masa sekarang ini, PSSI harus realistis. Lagipula belum tentu semua pemain yang diinginkan Shin Tae-yong bisa berangkat ke Korea Selatan karena ada protokol kesehatan masing-masing negara yang harus dijalankan.

Iwan Bule juga mengaku khawatir dengan keselamatan para pemain Timnas Indonesia U-19 yang jumlahnya mencapai 44 pemain seleksi. Belum lagi timnas senior yang juga dipegang Shin Tae-yong.

"Jadi rentan sekali. Saya sayang sekali, saya memperhatikan kesehatan mereka," tutur Iwan Bule.

Jadi PSSI berkesimpulan kalau Shin Tae-yong lebih bagus kembali ke Indonesia, karena ia jelas lebih sehat. Setelah tiba di Tanah Air, ia juga akan langsung di tes kesehatan, termasuk swab test.

"Kalau tidak ada indikasi virus corona kan sudah tenang," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)