FOLLOW US:


Kiper Arema FC Joko Ribowo Dinilai Layak Masuk Timnas Indonesia

24-05-2018 09:33
Kiper Arema FC Joko Ribowo Dinilai Layak Masuk Timnas Indonesia
Joko Ribowo © dok. Joko Ribowo

Bola.net - Penampilan ciamik Joko Ribowo di bawah mistar gawang Arema FC mengundang pujian Ricardo Navarro. Pelatih kiper Arema FC ini menilai anak asuhnya tersebut bahkan layak memperkuat Timnas Indonesia.

"Saat ini, Joko adalah kiper terbaik di Indonesia," ujar Ricardo, Kamis .

"Ada banyak kiper bagus di Indonesia, tapi ia lah yang paling bagus. Ia sangat layak menjadi pilihan utama di Timnas Indonesia," sambungnya.

Ricardo menyebut, ada sejumlah kelebihan yang dimiliki penjaga gawang berusia 28 tahun tersebut. Selain skill mumpuni, pelatih asal Brasil ini menambahkan, Joko juga memiliki refleks dan pembacaan permainan yang bagus.

"Joko juga mampu memimpin lini pertahanan timnya. Kemampuannya berkomunikasi patut diacungi jempol," tuturnya.

"Terpenting, Joko selalu bermain dengan hatinya. Ia selalu bermain dengan determinasi tinggi. Inilah yang membuatnya menjadi yang terbaik," eks pelatih kiper Timnas Wanita Brasil ini menambahkan.

Ricardo pun membandingkan eks pemain Barito Putera ini dengan sejumlah penjaga gawang di Brasil. Pelatih berusia 39 tahun tersebut menyebut kemampuan Joko setara dengan kiper-kiper Palmeiras, Santos, Vasco da Gama, Flamengo, dan klub-klub papan atas Brasil lainnya.

"Bahkan, saya rasa Joko juga mirip Julio Cesar, yang ia idolakan," puji pelatih jebolan Fakultas Keolahragaan Universidade Santa Cecilia tersebut.

Saat ini, Joko Ribowo sendiri, perlahan tapi pasti, telah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Arema FC. Penjaga gawang yang mentas sebagai pesepakbola profesional di Persema Malang ini telah tiga kali mendapat kepercayaan sebagai palang pintu terakhir Arema pada kompetisi Liga 1 musim 2018 ini.

Penampilan pertama Joko Ribowo sebagai starter dimulai pada laga kontra Persipura Jayapura. Waktu itu, kendati bermain sambil mengalami nyeri akibat cedera ligamennya, Jokri -sapaan karib Joko- mampu membawa Arema FC meraih kemenangan 3-1, yang merupakan kemenangan pertama sepanjang musim ini.

Pulih dari cedera ligamennya, Jokri kembali menjadi pilihan utama pada laga kontra Bali United, akhir pekan lalu. Kendati tampil apik, pemain berusia 28 tahun tersebut gagal menghindarkan timnya dari kekalahan 0-1.

Terakhir, Jokri menjadi salah satu aktor kemenangan Arema empat gol tanpa balas kala menjamu Bhayangkara FC. Tercatat pemain kelahiran Demak tersebut melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk mengamankan gawangnya dari serbuan penggawa The Guardian. Penampilannya pun menuai pujian, termasuk dari kubu lawan.

Lebih lanjut, Ricardo mewanti-wanti pada Joko Ribowo untuk bisa mempertahankan performa apiknya. Pelatih kelahiran 30 April ini yakin, jika terus menunjukkan permainan seperti yang biasa ia tunjukkan, jalan Jokri ke Skuat Garuda bakal kian lempeng.

"Saya yakin Joko bisa, karena ialah yang terbaik," tandas Ricardo.