FOLLOW US:


Komdis Kembali Beraksi, Persija dan Persib Terkena Sanksi Lagi

22-06-2017 04:36
Komdis Kembali Beraksi, Persija dan Persib Terkena Sanksi Lagi
Laga Persija vs PS TNI membuat Macan Kemayoran didenda PSSI © Fitri Apriani

Bola.net - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kembali melakukan sidang dan menghasilkan sejumlah sanksi kepada beberapa klub di Liga 1. Di antaranya, pada Persija Jakarta yang didenda Rp 30 juta dan Persib Bandung Rp 45 juta.

Pada hari Rabu (21/6/2017), Komdis PSSI menggelar sidang pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Liga 1 maupun Liga 2. Bertempat di Kantor PSSI di Gedung Gran Rubina, Jakarta, sidang tersebut menghasilkan denda pada sejumlah klub dan panitia pelaksana (panpel) pertandingan.

Total, ada sembilan kasus yang disidangkan kali ini. Tujuh di antaranya dari Liga 1 dan sisannya dari Liga 2.

Di Liga 1, panpel Bali United didenda Rp 10 juta karena suporternya melakukan pelemparan pada laga melawan Bhayangkara FC. Kemudian panpel Perseru Serui juga didenda dengan jumlah yang sama karena para penonton melakukan pelemparan batu dan membakar petasan pada saat bentrok dengan Persija.

Jumlah denda yang sama juga dibebankan pada Barito Putera karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol air mineral kearah bench Persib. Ditambah pula ada seorang penonton yang masuk ke area sentel ban untuk foto saat merayakan gol pada laga tersebut.

Komdis PSSI juga menyidangkan dua kasus sekaligus untuk tim Arema FC. Pada kasus pertama, panpel Singo Edan didenda Rp 10 juta karena suporternya melakukan pelemparan di laga melawan Perseru.

Di kasus kedua, panpel Arema FC didenda sebesar Rp 15 juta. Sebab, penonton terbukti melakukan pelemparan botol ke lapangan pada pertandingan Arema FC melawan Bali United dan suporter Singo Edan dianggap melakukan pelanggaran berulang.

Kemudian, Persija didenda uang sebesar Rp 30 juta. Sebab, suporter Macan Kemayoran terbukti membentangkan spanduk yang bernada SARA dan melempar petasan pada pertandingan kontra PS TNI.

Terakhir, panpel Persib dikenakan sanksi berupa denda Rp 45 juta. Sebab, suporter Maung Bandung terbukti melakukan pelemparan botol air mineral ke arah pemain di lapangan pada pertandingan lawan Persiba Balikpapan. Dendanya besar karena pelanggaran itu sudah pernah terjadi sebelumnya.