FOLLOW US:


Kontestan Liga 2 Akan Digelontori Dana Lebih dari Rp 1 Miliar

16-04-2018 20:02
Kontestan Liga 2 Akan Digelontori Dana Lebih dari Rp 1 Miliar
Berlinton Siahaan [tengah] © Fitri Apriani

Bola.net - Klub-klub peserta kompetisi Liga 2 musim 2018 akan mendapatkan uang subsidi sebesar Rp1,250 miliar. Subsidi tersebut bakal diberikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator.

Dana Rp1,250 miliar akan diberikan kepada semua tim peserta saat memulai kiprah di babak penyisihan grup. Nantinya, jumlah subsidi tersebut bakal bertambah seiring babak yang bergulir sesuai dengan prestasi yang diraih oleh para kontestan.

"Tim yang lolos ke delapan besar bakal mendapatkan tambahan subsidi sebesar Rp250 juta. Lalu yang lolos ke semifinal tidak dapat karena akan dapat hadiah," ujar Direktur Utama LIB, Berlinton Siahaan usai acara manajer meeting Liga 2 di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (16/4).

"Juara satu akan dapat tambahan Rp 1,5 miliar, peringkat dua Rp 1 miliar, peringkat ketiga Rp 500 juta, dan peringkat keempat Rp 250 juta," tambahnya.



Kompetisi Liga 2 musim ini akan diikuti oleh 24 tim peserta. Kompetisi kasta kedua sepakbola di Indonesia itu bakal mulai bergulir pada 23 April dengan mempertemukan Persis Solo versus Semen Padang di Stadion Manahan, sebagai partai pembuka.

"Nantinya Liga 2 akan selesai pada 2 Desember 2018. Tepatnya Satu pekan sebelum Liga 1 selesai," kata Berlintoon

Kompetisi Liga 2 akan dibagi ke dalam dua wilayah, yakni Barat dan Timur. Akan ada lima babak dalam kompetisi ini, yakni babak penyisihan grup, delapan besar, semifinal, serta play-off perebutan tempat ketiga dan final.

Klub yang berhasil menjadi juara, serta menduduki peringkat kedua dan ketiga Liga 2 2018 berhak promosi ke Liga 1 2019. Sementara klub yang menduduki peringkat 10, peringkat 11 dan peringkat 12 pada masing-masing grup (keseluruhan berjumlah enam klub) akan terdegradasi pada musim depan. (fit/asa)