FOLLOW US:


Pelatih Persipura Usulkan Turnamen Jika Kompetisi Tak Bisa Digelar

02-10-2020 10:18

 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Persipura Usulkan Turnamen Jika Kompetisi Tak Bisa Digelar
Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Jacksen F Tiago membeber usulannya jika kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 nantinya tak bisa dilanjutkan. Pelatih Persipura Jayapura tersebut menilai bahwa gelaran turnamen resmi merupakan opsi terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

"Mungkin lebih tepat jika kita menggelar turnamen berdasar wilayah, seperti Inter Island Cup. Turnamen macam ini bisa digelar dalam waktu lebih singkat," kata Jacksen.

"Menurut saya, turnamen ini bisa bermanfaat pada masa pandemi, sampai kita tuntaskan tahun 2020," ia menambahkan.

Usulan terkait turnamen tersebut buka baru kali ini dilontarkan Jacksen. Ketika kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020 dihentikan setelah pekan ketiga, pelatih asal Brasil ini sebelumnya juga sudah pernah mengusulkan agar sebuah turnamen resmi digelar.

"Namun, waktu itu, keputusannya kompetisi dilanjutkan lagi. Nggak ada masalah. Kami tetap ikut," tuturnya.

Sebelumnya, kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 tertunda atau bahkan tak bisa digelar. Hal ini tak lepas dari pernyataan pihak kepolisian yang enggan memberikan izin keramaian.

Kompetisi sendiri rencananya akan dihelat kembali mulai Jumat (02/10) ini. Sementara itu, kompetisi dijadwalkan bakal selesai pada akhir Februari 2021 mendatang.

PSSI meminta agar kompetisi bisa dilanjutkan pada November mendatang. Jika lebih lambat dari November, mereka mengaku peluang kompetisi digelar kian kecil.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 1

Tanggapi Positif

Tanggapi Positif
Jacksen F Tiago © Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Sementara itu, Jacksen mengaku bisa memahami alasan penundaan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020. Menurutnya, semua pihak harus bisa menghormati keputusan pemerintah.

"Kalau keputusan ini demi keselamatan kita semua dan demi bangsa, saya rasa kita semua harus patuh dan menghormati," kata Jacksen.

Menurut Jacksen, ia tak pernah menganggap penundaan kompetisi ini sebagai sebuah kerugian. Pelatih asal Brasil ini mengaku selalu berusaha untuk berpikir positif, terutama pada masa pandemi.

"Kalau kita fokus hal negatif pasti banyak. Namun dari aspek sosial ada banyak keuntungan. Mungkin dari aspek materi, kita tak dapat hal yang sama. Namun, ada imbalan dari semua ini," tuturnya.

"Kalau mau bicara persiapan begitu lama dan lain-lain, kita anggap saja bahwa ini adalah persiapan bagi kesehatan kita," Jacksen menambahkan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)