FOLLOW US:


Pemain Persis Solo yang Pernah Membela Timnas Indonesia: Dari Maladi ke Irfan Jauhari

02-05-2021 14:14

 | Asad Arifin

Pemain Persis Solo yang Pernah Membela Timnas Indonesia: Dari Maladi ke Irfan Jauhari
Persis Solo © Bolanet

Bola.net - Persis Solo punya nama besar di sepak bola Indonesia. Pada lintasan sejarah klub yang berdiri pada 1923 itu, mereka telah menyumbang banyak pemain untuk membela Timnas Indonesia.

Perjalanan panjang dan sepak terjang dilalui klub berjulukan Laskar Sambernyawa tersebut sejak era kompetisi Perserikatan, Liga Indonesia, hingga saat ini di Liga 2, termasuk dalam urusan menyumbangkan pemain ke Timnas Indonesia.

Ada banyak pemain Persis Solo atau pernah berseragam Merah-putih, berkat kemampuannya.

Terkini ada nama Irfan Jauhari yang baru saja didatangkan Persis dari tim Liga 1, Bali United. Ia juga merupakan anggota Timnas Indonesia yang kembali hadir dalam pemusatan latihan di Jakarta.

Yuk melihat kembali sekilas nama-nama pemain asal Solo atau pernah menjadi bagian dari Persis Solo yang membela Timnas Indonesia dari masa ke masa. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 6

Maladi

Maladi adalah penjaga gawang legendaris dalam sejarah sepak bola Indonesia, termasuk di awal periode terbentuknya PSSI di era 1930-an. Ia pemain asli Persis Solo yang juga pernah dipanggil membela Timnas Hindia Belanda dalam uji coba sebelum tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis.

Bahkan ia diabadikan oleh pemerintah untuk nama stadion di Solo yakni Stadion Sriwedari yang berganti nama menjadi R Maladi sejak 2003.

2 dari 6

Darmadi

Darmadi merupakan satu diantara pemain lawas Timnas Indonesia yang pernah dimiliki Persis. Ia berposisi sebagai striker yang ikut menjadi tandem dengan Ramang, striker legendaris Indonesia asal Sulawesi Selatan.

Darmadi tercatat ikut membela Timnas Indonesia di ajang Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia. Saat itu Timnas Indonesia dihentikan oleh Uni Soviet dengan pemain terbaiknya, Lev Yashin. Darmadi juga adalah ayah dari legenda Timnas Indonesia lainnya, Didik Darmadi, sekaligus kakek dari Adixi Lenzivio (kiper Persija saat ini).

3 dari 6

Yudo Hadianto

Yudo Hadianto mewarnai kiprah Timnas Indonesia era 1960 dan 1970-an. Lahir di Solo dan membela Persis, Yudo dikenal tenang dan cekatan di bawah mistar.

Berkat kelebihan itu, ia pernah disebut-sebut sebagai kiper terbaik Asia pada eranya. Namanya juga ikut mewakili deretan pesepak bola Indonesia dalam lirik lagu Iwan Fals, 'Mereka Ada di Jalan'.

Yudo tercatat tampil sebanyak 50 kali dalam laga resmi bersama Timnas Indonesia pada ajang Asian Games, Merdeka Games, King’s Cup, dan Pra Olimpiade.

Selain pertandingan antarnegara, Yudo Hadianto juga jadi benteng terakhir timnas saat menjamu klub-klub besar Eropa yang bertandang ke Tanah Air.

4 dari 6

Agung Setyabudi

Agung Setyabudi adalah pria asli Solo yang merupakan jebolan program Timnas Garuda II dan kariernya terus melejit dengan lama di level Timnas. Dimulai dari SEA Games 1993 di Singapura, disusul Piala Asia 1996, sampai menjadi kapten di Piala Asia 2004.

Ia merupakan kepingan penting di sisi kanan pertahanan, sementara Aji Santoso di posisi bek kiri. Tercatat ia bermain sebanyak 53 kali bersama tim Merah-putih sepanjang kariernya. Persis Solo adalah klub terakhir yang ia bela sebelum pensiun dari sepak bola.

5 dari 6

Harry Saputra

Persis Solo pernah memiliki bek tangguh asal Jakarta, Harry Saputra, pada musim 2007. Saya itu ia menjadi pemain andalan Persis dalam mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Djarum (kasta tertinggi sebelum berganti ISL).

Ia tampil apik di lini belakang dengan tampil sebanyak 29 kali dan akhirnya dipanggil ke Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala Asia 2007.

6 dari 6

Irfan Jauhari

Irfan Jauhari menjadi wakil Persis Solo paling terkini yang membela Timnas Indonesia. Pemain asal Ngawi, Jawa Timur itu sebelumnya bermain untuk Bali United. Persis merekrutnya untuk menjadi kepingan kekuatan sebelum tampil di Liga 2 musim 2021 ini.

Pemuda berusia 20 tahun itu sudah bergabung di Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong sejak 2020. Ia ikut menimba pengalaman dalam mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia dan Spanyol.

Disadur dari Bola (Penulis: Vincentius Atmaja/Editor: Yus Mei Sawitri, 1 Mei 2021)