FOLLOW US:


Pemerintah Senang Tak Ada Lagi Marquee Player di Liga 1 2018

22-03-2018 10:26
Pemerintah Senang Tak Ada Lagi Marquee Player di Liga 1 2018
PT Liga Indonesia Baru bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi © Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan bahwa pemerintah senang dengan keputusan PT Liga Indonesia Baru yang meniadakan soal regulasi Marquee Player untuk Liga 1 musim 2018. Hal itu dinilai akan meningkatkan kualitas pemain lokal.

Musim lalu, klub-klub Liga 1 seakan berlomba mendatangkan pemain bintang yang masuk kategori marquee player dengan merogoh kocek yang tak sedikit. Namun, tak sedikit yang terpaksa kecewa karena penampilan sang pemain tak seperti yang diharapkan.

Saat bertemu Berlinton Siahaan, Direktur Utama PT LIB, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (21/3/2018), Imam Nahrawi menyoroti sisi lain ketiadaan marquee player pada musim 2018.

"Pemerintah senang karena PT LIB akan terus melakukan perubahan-perubahan termasuk soal regulasi. Marquee player ditiadakan. Hal ini bagus untuk sepak bola Tanah Air agar bisa bicara lebih banyak lagi di kompetisi lokal," tutur Imam.

Musim lalu, regulasi marquee player menjadi sorotan. Satu di antaranya, tidak semua klub memiliki kemampuan mendatangkan pemain dalam kategori itu lantaran keterbatasan kondisi keuangan. Praktis, muncul kesenjangan.

Keberadaan pemain dengan banderol mahal itu juga dinilai tidak memberikan sumbangsih nyata pada sepak bola Indonesia karena mayoritas gagal menunjukkan performa terbaik selama berkiprah di Liga 1 2017.

Semen Padang dengan Didier Zokora dan Persib Bandung (Charlton Cole) jadi contoh klub yang kecewa dengan performa marquee player yang direkrut.

Melihat fakta tersebut maka PSSI dan PT LIB melakukan peninjauan ulang dan menghapus regulasi Marquee Player di musim baru yang akan datang. Keputusan itu pun mendapat sambutan baik dari klub-klub peserta di Liga 1 musim 2018.

Sumber: Bola.com