FOLLOW US:


Peran Ganda Rachmat Irianto pada Uji Coba Lawan PON Jatim

15-09-2020 19:58

 | Serafin Unus Pasi

Peran Ganda Rachmat Irianto pada Uji Coba Lawan PON Jatim
Bejo Sugiantoro dan Rachmat Irianto © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Bek Persebaya Surabaya, Rahmat Irianto mendapat peran ganda pada pertandingan uji coba melawan tim PON Jawa Timur, Selasa (15/9/2020) sore. Anak kandung Bejo Sugiantoro itu ditempatkan di dua posisi berbeda.

Rian –sapaan akrabnya- diplot sebagai gelandang bertahan pada babak pertama. Sementara di babak kedua dia ditarik ke belakang dan ditempatkan di sisi kiri pertahanan Green Force.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso punya alasan kuat di balik keputusannya menaruh Rian di dua posisi berbeda. Dia ingin memperbanyak opsi di posisi bek kiri karena pilhannya sangat terbatas.

”Karena memang kami stok bek kirinya cuma ada Nasir, makanya tadi saya sampaikan, saya mencoba pemain-pemain dengan posisi tidak seperti biasanya,” kata Aji Santoso, Selasa (15/9/2020).

”Seperti Rian, biasanya di gelandang bertahan saya coba di babak kedua di coba di kiri sebagai alternatif pilihan saja,” imbuh mantan pelatih timnas Indonesia U-23 tersebut.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Kata Aji, mantan kapten timnas Indonesia U-19 tersebut mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi tim pelatih.

”Lumayan bagus menurut saya, walaupun memang bukan posisi intinya dia,” imbuh juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Rian Nyaman

Sementara itu, Rahmat Irianto tidak keberatan meskipun mendapat peran ganda melawan tim PON Jatim. Dia merasa nyaman karena tidak ada perbedaan yang signifikan antara gelandang bertahan dengan bek kiri.

"Pasti nyaman, karena defense seperti itu. Tidak jauh berbeda," jelas Rian.

Terkait kepercayaan yang diberikan pelatih kepadanya untuk menempati dua posisi berbeda, Rian merendah. Dia menganggap kesempatan itu datang karena Alwi Slamat tengah dibekap cedera.

"Sebenarnya pemain lain juga bisa mengganti posisi di bek kiri tadi, bukan hanya saya. Mungkin pilihan pelatih berbeda untuk menaruh saya di bek kiri," tandasnya.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)