FOLLOW US:


Persegres Setuju Liga 1 Pakai Wasit Asing

19-07-2017 18:19
Persegres Setuju Liga 1 Pakai Wasit Asing
Hanafi © Mustopa

Bola.net - Pelatih Persegres Gresik, Hanafi menyambut positif rencana PT. Liga Indonesia Baru memakai jasa wasit asing di Liga 1. Ia menilai hal itu sebagai langkah positif untuk memperbaiki kualitas liga di Indonesia.

Menurut Hanafi, selama ini yang menjadi persoalan pelik di tubuh sepak bola Indonesia adalah kualitas wasit. Tak jarang para pengadil lapangan sering mendapat sorotan dari klub-klub peserta Liga 1 karena keputusannya yang kontroversial.

"Sepak bola faktornya itu saja [wasit], jadi fair play tidak pernah terlihat, makanya kita setuju sekali," ungkap Hanafi kepada Bola.net, Rabu (19/7).

Sehingga ia berharap agar penggunaan wasit asing tidak hanya dilakukan pada putaran kedua Liga 1. Ia berharap hingga lima tahun ke depan, kompetisi sepak bola di Indonesia memakai jasa wasit asing agar yang lokal bisa belajar.

"Kalau wasitnya tetap, sampai tiga puluh tahun lagi sepak bola kita gak bisa maju, jadi kalau bisa sampai lima tahun ke depan tetap pakai jasa wasit asing," imbuh Hanafi.

Mantan pelatih Perseru itu menambahkan, sejak awal dirinya memang sangat menginginkan pemakaian wasit impor. Sebab wasit yang ada kerap mengambil keputusan yang berat sebelah dan merugikan klubnya.