FOLLOW US:


Persipura Kritisi Sistem Liga 1 Yang Tanpa Hadiah

23-08-2017 16:11
Persipura Kritisi Sistem Liga 1 Yang Tanpa Hadiah
Persipura Jayapura © Ist

Bola.net - Tak adanya hadiah uang tunai bagi jawara kompetisi Liga 1 musim ini mendapat kritikan dari kubu Persipura Jayapura. Mutiara Hitam menilai hadiah dan share rating televisi merupakan hal berbeda.

Persipura sendiri layak bersuara lantang terkait sistem ini. Pasalnya, mereka saat ini memuncaki klasemen sementara Liga 1. Mutiara Hitam pun masuk dalam daftar tim yang diunggulkan memenangi kompetisi ini.

Namun, kendati berstatus unggulan menjadi kampiun, Persipura hampir bisa dipastikan tak akan menjadi yang terbaik dalam share tv. Pasalnya, Mutiara Hitam jarang mendapat jatah siaran langsung.

"Kita juga sayangkan tidak adanya hadiah di akhir musim. Katanya, hadiah dari share tv atau rating," ujar Media Officer Persipura, Ridwan Bento Madubun, pada Bola.net.

Menurut Bento, sapaan karibnya, menilai sistem ini lucu. Pasalnya, hadiah dan share tv merupakan hal berbeda. "Share kan sudah jadi hak klub karena pertandingannya dijual, hadiah kan lain lagi," sambungnya," tuturnya.

Menurut Bento, dengan sistem yang digunakan saat ini, gelar juara agak kehilangan maknanya. Pasalnya, tim yang menjadi kampiun tak mendapat ganjaran apapun, selain status sebagai juara.

"Jadi, siapapun juara kompetisi ini, yang dapat uang banyak adalah yang ratingnya tertinggi. Walaupun pemilik rating tertinggi itu tidak juara, mereka yang akan dapat uang paling banyak," kata Bento.

Sementara itu, kendati melontarkan kritikan terhadap sistem ini, Persipura tak mau ngotot. Mereka mengaku lebih memilih mengikuti sistem yang ada ini. "Kalau sudah diputuskan seperti ini, kita mau apa lagi," tutupnya.