FOLLOW US:


PT LIB Bicara Kemungkinan Liga 1 2021 Digelar di Luar Jawa

29-06-2021 20:41

 | Serafin Unus Pasi

PT LIB Bicara Kemungkinan Liga 1 2021 Digelar di Luar Jawa
Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Braif Fatari ke gawang Persib Bandung pada laga final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - PT. Liga Indonesia Baru (LIB) bicara kemungkinan Liga 1 2021 digelar di luar Jawa. Wacana itu muncul setelah penundaan kompetisi akibat lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, utamanya di Pulau Jawa.

Menurut Direktur Operasional PT. LIB, Sudjarno, peluang kompetisi Liga 1 diputar di luar Jawa masih cukup sulit. Pertimbangannya karena infrastruktur yang belum memadai.

"Liga 1 kami pusatkan di Jawa karena pertimbangan-pertimbangan tertentu, yang paling utama tentu adalah infrastruktur," kata Sudjarno dalam sesi konferensi pers, Selasa (29/06/2021).

"Ketika kita di Jawa jarak tempuh perpindahan antara satu seri ke seri berikutnya, kluster satu ke kluster berikutnya tidak terlalu jauh," imbuhnya.

Sementara jika digelar di luar Jawa, misalnya di Kalimantan atau Sumatera mobilitasnya diyakini akan sulit. Karena jarak satu tempat ke tempat yang lain harus menggunakan jalur udara.

"Jujur kami belum bisa sampaikan apakah bisa kami buat di luar jawa misalnya. Namun pasti pergerakannya dengan pesawat," tegas Sudjarno.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Jadi Pertimbangan

Namun, Sudjarno menegaskan bahwa peluang tersebut belum sepenuhnya tertutup. Dia akan mencoba mencari skema terbaik dan akan dipaparkan ke PSSI.

"Kami akan coba skemanya seperti apa memungkinkan enggak kalau misalnya seperti itu. Tapi ini nanti kami akan gambarkan kepada federasi," jelasnya.

Di sisi lain, Sudjarno juga memastikan bahwa Sumatera dan Kalimantan akan dipilih untuk menjadi venue Liga 2 2021. Menyusul adanya beberapa klub yang mengajukan.

"Ada Kalteng Putra, kemudian Persiba Balikpapan, kemudian Sumatera juga PSMS, kemudian Sriwijaya FC mengajukan tuan rumah," lanjut Sudjarno.

"Kalimantan, Sumatera Liga 2 pasti akan kita gunakan," tandas purnawirawan perwira tinggi Polri tersebut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)