FOLLOW US:


PT LIB: Harusnya Persewangi yang Lolos

12-10-2017 03:44
PT LIB: Harusnya Persewangi yang Lolos
Tigor Shalomboboy © Fitri Apriani

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi tetap berpegang pada keputusan bahwa tim yang harusnya lolos ke babak playoff Liga 2 grup H adalah Persewangi Banyuwangi. Sebab, itu sesuai dengan pemahaman mereka terkait aturan head to head.

Sebelumnya, PSSI memutuskan untuk membatalkan kelolosan Persewangi ke babak playoff yang sedianya digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 9-15 Oktober 2017. Sebab, mereka harus menjalani duel playoff khusus melawan PSBK Blitar.

Persewangi sebelumnya diputuskan berhak lolos ke babak playoff karena mereka ada di posisi empat klasemen akhir Grup 6 Liga 2 yang disusun oleh PT LIB. Posisi mereka di atas PSBK meski sama-sama mengoleksi 18 poin karena Persewangi unggul dalam hal selisih gol.

Keputusan itu dibuat berdasarkan hasil laga kedua tim yang di mana pada pertandingan pertama PSBK menang 2-0 di Blitar, dan saat berduel di Banyuwangi, Persewangi bisa berbalik menang 2-1. Jika menurut aturan awal, maka PSBK-lah yang layak lolos playoff karena unggul head to head, mampu mencetak gol tandang di markas Persewangi.

"Sampai hari ini pun kami tetap Persewangi. Tidak ada surat dari liga yang menyatakan membatalkan ketetapan itu karena bagi kami apa yang kami lakukan, pemahaman interpretasi tentang head to head ya seperti itu," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Akibatnya, PSBK kemudian mengajukan banding pada PSSI dan banding tersebut diterima. Dari situlah, muncul keputusan menggelar playoff khusus.

Playoff khusus yang digelar di stadion Kanjuruhan, Malang tersebut kemudian berlangsung rusuh dan diwarnai kekerasan. Komdis PSSI pun akhirnya menghukum Persewangi lantaran dinilai tidak sportif dengan dijatuhi denda sebesar Rp 100 juta dan dinyatakan kalah 3-0. (fit/pra)