FOLLOW US:


Regulasi U-20 di Musim 2020, Berapa Pemain yang Harus Diturunkan dalam Sebuah Laga?

29-06-2020 07:43

 | Asad Arifin

Regulasi U-20 di Musim 2020, Berapa Pemain yang Harus Diturunkan dalam Sebuah Laga?
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - PSSI akan menerapkan regulasi yang mewajibkan klub memainkan pemain U-20 saat kompetisi musim ini bergulir lagi pada Oktober mendatang. Kebijakan itu diambil untuk mendukung kebutuhan tim nasional yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 tahun depan akan digelar di Indonesia. Pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu bakal berlangsung pada Mei-Juni 2021.

Lantas, berapa pemain U-20 yang harus diturunkan klub-klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 dalam sebuah pertandingan?

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, untuk jumlahnya akan menyesuaikan road map dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Road map tersebut rencananya bakal diberikan juru taktik berusia 51 tahun itu kepada PSSI dalam waktu satu sampai dua hari kedepan.

"Kita akan sesuaikan dengan road map Shin Tae-yong sehingga kepentingan klub terakomodir, dan kepentingan timnas juga demikian," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan saat sesi jumpa pers di Kantor PSSI, Gedung FX, Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (28/6) malam.

"Nanti road maps tersebut PSSI akan diskusikan, terus akan dikirim lagi ke Shin tae-yong, sehingga kami harapkan pada Juli minggu pertama Shin Tae-yong bisa kembali ke Indonesia. Kemarin juga sudah rapat virtual saya dengan Shin Tae-yong, sudah disampaikan itu kepada kami. Jadi kami atur nanti jadwal timnas dengan kompetisi yang ada," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Bukan yang Pertama

Regulasi serupa juga pernah diterapkan PSSI sebelumnya. Tepatnya pada kompetisi musim 2017.

Kala itu, seluruh klub Liga 1 diharuskan menurunkan pemain U-22 pada setiap pertandingan. Dengan jumlah menit bermain tertentu, minimal 45 menit.

Aturan itu dibuat untuk kebutuhan menjaring para pemain muda dari kompetisi, untuk kemudian membela Timnas Indonesia U-22 di Asian Games 2018. Kebetulan, event tersebut juga digelar di Tanah Air.

(Bola.net/Fitri Apriani)