FOLLOW US:


Ricuh di Play-Off Khusus, PSBK Juga Borpotensi Kena Sanksi

12-10-2017 05:50
Ricuh di Play-Off Khusus, PSBK Juga Borpotensi Kena Sanksi
Kericuhan pada laga Persewangi vs PSBK Blitar © Youtube

Bola.net - Persewangi Banyuwangi nampaknya bukan hanya jadi satu-satunya klub yang terkena sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akibat kericuhan pada babak playoff khusus Liga 2. Sebab, Komdis juga bersiap menjatuhkan sanksi untuk PSBK Blitar.

PSBK dan Persewangi bertanding pada babak playoff khusus Liga 2 sesuai instruksi PSSI di stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (10/10/2017). Namun, laga itu berlangsung penuh dengan aksi kekerasan dan pemukulan terhadap pemain maupun wasit.

Komdis PSSI lantas menghukum Persewangi lantaran dinilai tidak sportif. Mereka diberi sanksi denda sebesar Rp. 100 juta dan dinyatakan kalah dengan skor, 3-0. Kini, komdis juga membidik sejumlah pilar PSBK untuk dijatuhi hukuman.

"Hari ini sudah ada koordinasi. Tapi ada lanjutan, ada dua case yang akan diputuskan oleh Komdis yang kami laporkan," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

"Yang pertama status pertandingan sudah diputuskan. Yang kedua semua pelanggaran yang terjadi karena kemarin banyak pelanggaran perkelahian, kemudian pengejaran wasit, termasuk banyak potensi pemain PSBK yang mungkin akan terkena hukuman Komdis," sambung Tigor.

Playoff khusus tersebut digelar setelah PSSI menerima banding PSBK terkait lolosnya Persewangi dari Grup 6 Liga 2. Tim asal Banyuwangi itu diloloskan ke playoff karena dianggap unggul head to head dari PSBK.

Jika menurut aturan awal, maka PSBK-lah yang layak lolos playoff karena unggul head to head dan mampu mencetak gol tandang di markas Persewangi. Pada laga pertama, PSBK menang 2-0 atas Persewangi di Blitar namun di laga berikutnya mereka kalah 2-1 di Banyuwangi. (fit/pra)