FOLLOW US:


Simak Rapor Timnas Indonesia U-15 Saat Kalah di Tangan Thailand

08-08-2019 09:46

 | Aga Deta

Simak Rapor Timnas Indonesia U-15 Saat Kalah di Tangan Thailand
Timnas Indonesia u-15 di Piala AFF U-15 2019 © PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-15 dipaksa menyerah 0-2 dari Thailand dalam laga semifinal Piala AFF U-15 2019 di Institute of Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Rabu (7/8/2019). Hasil tersebut membuat mereka gagal melangkah ke final.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-15 akan kembali menghadapi Vietnam pada laga perebutan tempat ketiga yang berlangsung Jumat (9/8/2019). Adapun Thailand akan bersua Malaysia di laga final.

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia U-15 sebetulnya mampu mendominasi jalannya pertandingan. Melalui skema permainan menyerang, anak buah Bima Sakti juga memiliki sejumlah peluang emas untuk membuka keunggulan.

Namun sayang, bermain cantik dan banyak menekan tak cukup bagi Timnas Indonesia U-15. Lemahnya penyelesaian akhir Timnas U-15 di laga ini membuat Thailand terus memupuk asa untuk mencetak gol.

Benar saja, tim asuhan Bima Sakti itu akhirnya kecolongan dua gol karena kelengahan dan kesalahan pemain belakang mengantisipasi pergerakan pemain lawan serta datangnya bola.

Terkait penampilan tim tersebut, pengamat asal Jawa Timur, Fredy Muli, memiliki penilaian untuk setiap individu pemain di laga ini. Mengingat rapor ini berdasarkan subyektif pengamat, maka bisa jadi berbeda dengan para pembaca.

Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-15 versi Fredy Muli:

1 dari 3

Lini Bertahan

Kiper

I Made Putra Kaicen

Seperti dalam laga-laga sebelumnya, kiper Timnas Indonesia U-15 tampil bagus dalam pertandingan ini. Sebelum kebobolan, I Made tak melakukan kesalahan sedikit pun.

Dua gol yang membobol gawang Timnas Indonesia U-15 pun bukan kesalahan I Made, tapi karena kesalahan kedua bek sayap Timnas yang tak mampu menghentikan kedua sayap Thailand.

Nilai: 7

Bek

Alfin Farhan Lestaluhu

Alfin tampil bagus saat membantu serangan, tapi lemah ketika bertahan. Dalam tiga pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia U-15, hanya saat lawan Singapura dan Timor Leste dia tampil maksimal. Namun, dalam laga melawan Vietnam di fase grup dan Thailand di semifinal kali ini dia tidak disiplin posisi.

Nilai: 5,5

Kadek Arel Priyatna

Kadek tampil kurang maksimal dalam pertandingan ini. Dua kali dia gagal mengantisipasi datangnya bola. Kesalahan fatal dia lakukan ketika salah membaca datangnya bola yang mengakibatkan gol kedua Thailand.

Nilai: 5

Marcell Januar Putra

Marcell bermain cukup bagus di laga ini. Peran Marcell di pertandingan ini cukup penting. Sayang kinerja Marcell tak dibarengi lini depan yang lebih trengginas dan tajam.

Nilai: 6

2 dari 3

Lini Tengah

Marselino Ferdinan

Pemain asal Surabaya ini tak bermain seperti biasanya. Dia kehilangan kreativitas dan ketajaman. Ferdinan membuang satu peluang emas yang ia dapatkan di laga ini ketika sundulannya masih ke atas mistar gawang Thailand.

Nilai: 5,5

Ruy Arianto

Selain kiper I Made Kadek Kaicen, pemain yang tampil apik di laga ini adalah Ruy. Sayap kiri Timnas Indonesia U-15 berkali-kali berhasil merepotkan pertahanan Thailand. Umpan-umpannya juga terukur. Sayang, bola kiriman Ruy gagal dikonversi menjadi gol.

Nilai: 7

Dimas Juliono Pamungkas

Dimas tak tampil buruk, tapi juga tidak bisa dibilang bermain apik. Dia gagal menaklukkan pemain belakang Thailand, dan kurang maksimal dalam memanfaatkan kesempatan.

Nilai: 5,5

Mochamad Faizal Shaifullah

Konsentrasi Faizal menurun saat pertandingan memasuki 10 menit terakhir. Ia juga gagal menggalang pertahanan Timnas Indonesia U-15 tetap kuat. Hasilnya, Thailand berhasil mencuri dua gol di laga ini.

Nilai: 5

Wahyu Agong Drajat Mulyono

Gelandang Timnas Indonesia U-15 ini sebetulnya sudah mampu memutus aliran bola lawan dari sisi tengah. Namun sayang, itu tidak cukup karena terjadi kebocoran di kedua sayap.

3 dari 3

Lini Serang

Alexandro Felix Kamuru

Kecepatan Alexandro menjadi keunggulan Timnas Indonesia U-15 dalam laga ini. Lini pertahanan Thailand sempat dibuat kesulitan menghadapi kecepatan pemain yang satu ini. Sayang, lemahnya penyelesaian membuat peluang yang dimilikinya membuat kans Timnas Indonesia U-15 terbuang percuma.

Nilai: 6

Muhammad Valeron

Meski beberapa kali berhasil merepotkan pertahanan Thailand, Valeron gagal mencetak gol dalam pertandingan kali ini. Dia juga gagal mengoptimalkan satu peluang emas yang dia dapatkan. Timnas Indonesia U-15 pun gagal membuka keunggulan. Mungkin ceritanya akan lain jika Valeron berhasil menyarangkan bola.

Nilai: 5,5

Sumber: Bola.com