FOLLOW US:


Sisi Positif dan Negatif Penghapusan Degradasi di Liga 1 2021

15-05-2021 21:18

 | Asad Arifin

Sisi Positif dan Negatif Penghapusan Degradasi di Liga 1 2021
COO Bhayangkara FC, Sumardji © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Wacana penghapusan sistem degradasi di Liga 1 2021 tak luput dari perhatian Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara Solo FC, Sumardji. Menurutnya, ada dampak positif sekaligus negatif.

Dampak positifnya yaitu terhadap pembinaan pemain muda. Dengan peniadaan sistem degradasi, klub bisa memaksimalkan potensi wonderkidnya karena berlaga tanpa beban.

"Pemain muda dimungkinkan mendapatkan jam bermain yang lebih, sehingga permainan mereka semakin meningkat,” ujar Sumardji, kepada wartawan.

Sementara dampak negatifnya yaitu kompetisi menjadi tidak bermutu. Sebab, persaingan akan berkurang karena klub tak perlu lagi memikirkan kemungkinan turun kasta.

"Paling terlihat dari sisi negatif tentu saja kompetisi menjadi kurang berkualitas,” kata Sumardji.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Diputuskan di Kongres Tahunan

Wacana penghapusan sistem degradasi akan dibawa ke Kongres Tahunan PSSI. Kongres tersebut rencananya bakal digelar pada 29 Mei mendatang, di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta.

Nantinya, peserta kongres akan memutuskan apakah kompetisi musim ini akan menerapkan sistem degradasi atau tidak. Adapun, Liga 1 2021 direncanakan kick off pada 13 Juli mendatang.

(Bola.net/Fitri Apriani)