FOLLOW US:


Tanda Tanya Persipura Jayapura Jelang Piala Menpora 2021

05-03-2021 13:27

 | Asad Arifin

Tanda Tanya Persipura Jayapura Jelang Piala Menpora 2021
Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Persipura Jayapura nampak masih adem ayem jelang bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021. PSSI pun tidak tinggal diam dan berupaya untuk mengajak Mutiara Hitam ambil bagian.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengonfirmasi dari 18 klub yang akan tampil di Piala Menpora 2021, dua di antaranya belum memiliki kepastian. PSSI terus merayu dua klub tersebut, satu di antaranya adalah Persipura Jayapura.

Piala Menpora 2021 bakal digelar tak sampai dua pekan lagi atau pada 21 Maret mendatang. Namun, Persipura Jayapura diketahui belum melakukan persiapan apapun.

1 dari 2

Persipura Diklaim Ikut Piala Menpora 2021

Skuad Persipura memang sudah dibubarkan pada akhir 2020. Begitu juga dengan pelatih Jacksen F. Tiago yang sudah tak memiliki kontrak di Persipura.

"Nanti kami akan komunikasi. Laporan PT LIB kepada saya memang demikian, yakni ada beberapa klub yang belum bersedia ikut Piala Menpora," kata Mochamad Iriawan.

Persipura diklaim Iriawan sudah menyatakan kesiapan untuk ikut Piala Menpora 2021. Namun, hal itu diketahui hanya sebatas lisan melalui Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano.

"Pak Tommy Mano bilang InsyaAllah mereka akan ikut. Dari 18 klub yang dijadwalkan di Piala Menpora 2021, dua klub memang belum ada kepastian. Yang jelas, kami akan menyiapkan tempatnya, jadwalnya, kemudian panitia, ofisial, dan sebagainya," tegas Iriawan.

2 dari 2

Tolok Ukur

Piala Menpora 2021 menjadi kegiatan sepak bola pertama yang digelar pada masa pandemi COVID-19. Turnamen pramusim itu menjadi menjadi tolok ukur bagi kepolisian untuk mengizinkan perhelatan Liga 1.

Artinya, Piala Menpora bakal menjadi simulasi dari penerapan protokol kesehatan yang ketat pada pertandingan sepak bola. Nasib Liga 1 akan ditentukan dari keberhasilan Piala Menpora 2021.

Turnamen pramusim ini diharapkan bisa memenuhi segala persyaratan yang diinginkan Polri agar Liga 1 bisa bergulir pada pertengahan tahun ini. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ingin agar kegiatan bisa berlangsung lancar dan tanpa kendala.

"Saya meminta kembali kepada suporter, tolong apa yang disampaikan oleh PSSI dan pihak Kepolisian, tidak ada menonton langsung dan nobar. Ini uji coba kami apakah Liga 1 akan diizinkan atau tidak tergantung hasil di Piala Menpora," tegas Iriawan.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Rizki Hidayat, 5 Maret 2021)