FOLLOW US:


Tim Pelatih Arema Akui Belum Bisa Mengevaluasi Penampilan Tim Mereka

12-06-2019 19:56

 | Serafin Unus Pasi

Tim Pelatih Arema Akui Belum Bisa Mengevaluasi Penampilan Tim Mereka
Arema FC © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Tim pelatih Arema FC mengaku belum bisa melakukan evaluasi terhadap penampilan anak asuh mereka pada tiga pertandingan awal di ajang Shopee Liga 1 musim 2019. Mereka menilai bahwa tiga pertandingan awal ini sama sekali belum bisa jadi tolok ukur.

"Untuk tiga pertandingan awal, kami belum bisa melakukan evaluasi," ucap Asisten Pelatih Arema, Singgih Pitono, pada Bola.net.

"Tiga pertandingan awal, yang kebetulan dilakukan pada Bulan Ramadan, tidak bisa jadi patokan. Kondisi pemain tidak pada standar yang ada," sambungnya.

Penampilan Arema pada tiga laga awal musim ini sendiri masih belum bisa dikatakan meyakinkan. Dari tiga pertandingan tersebut, Arema menelan dua kali kekalahan dan baru sekali meraih kemenangan.

Dari sisi produktivitas, mereka baru menyarangkan empat gol. Hal ini jomplang dengan jumlah kebobolan mereka yang mencapai tujuh gol.

Terlepas dari empat gol yang mereka sarangkan ke gawang lawan, barisan penyerang Arema memiliki banyak peluang untuk bisa mencetak gol. Namun, Ricky Kayame dan kawan-kawan masih kerap gagal mengubah peluang ini untuk menjadi gol. Ini berbanding terbalik dengan mudahnya lawan menerobos lini pertahanan mereka dan mencetak gol.

Apa pengaruh antara Bulan Ramadan dan performa pemain? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Performa Pemain Turun

Menurut Singgih, kendati sudah dicoba untuk disiasati sedemikian rupa, Bulan Ramadan tetap berpengaruh pada performa para pemain. Kondisi mereka akan turun, khususnya bagi yang menjalankan ibadah puasa.

"Kondisinya sedikit banyak tentu akan terpengaruh dan turun. Ini yang membuatnya tidak bisa jadi patokan," kata Singgih.

"Mereka tidak makan dan minum seharian penuh. Kemudian berbuka. Tak lama setelah berbuka, mereka harus bermain. Ini sebetulnya sangat tidak ideal. Namun, karena tuntutan, ya kami jalani," sambungnya.

2 dari 2

Optimistis Bakal Kembali Garang

Sementara itu, Singgih mengaku yakin bahwa seusai Bulan Ramadan, penampilan timnya bakal meningkat. Keyakinannya tersebut, sambung pelatih berusia 54 tahun ini, tak lepas dari sejumlah modal berharga yang mereka miliki.

"Insyaallah, Arema akan tampil lebih baik lagi," kata Singgih.

"Saat ini, kami punya modal kekeluargaan, kebersamaan dan kekompakan. Asal itu tetap terjaga, saya yakin kami akan bisa kembali bersaing di papan atas kompetisi ini," ia menambahkan.