FOLLOW US:


Tunggu Pengembalian Formulir Piala Kemerdekaan, Tim Transisi Gelar Workshop

30-06-2015 23:58
Tunggu Pengembalian Formulir Piala Kemerdekaan, Tim Transisi Gelar Workshop
Anggota Tim Transisi, Cheppy Wartono © ist

Bola.net - Perhelatan Piala Kemerdekaan terus dimatangkan Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Jika sesuai rencana, bakal diikuti klub-klub Divisi Utama dan diputar mulai 24 Juli.

"Sampai saat ini, kami masih menunggu formulir yang sebelumnya dikirim. Itu format persetujuan, ada tanda tangan di sana dan segala macam," terang anggota Tim Transisi, Cheppy Wartono.

Dilanjutkannya, Tim Transisi berencana menggelar workshop pada 2-3 Juli untuk melakukan sosialisasi. Kemudian, workshop tersebut diselenggarakan untuk beberapa kegiatan.

"Yakni, terkait regulasi dan malam hari kami akan undang KPK, PPKATK, Bareskrim untuk menyampaikan penjelasan seputar dengan kejujuran, integritas, dan sebagainya. Kemudian akan dilanjutkan pembagian grup. Akan ada pakta integritas yang ditandatangani disaksikan menteri. Sementara Sabtu dan Minggu (4 dan 5 Juli), akan ada penyegaran perangkat pertandingan," tambahnya.

Sedangkan terkait jumlah peserta yang akan berlaga, Cheppy Wartono mengaku belum dapat memastikannya. Diutarakannya, hal tersebut akan diketahui setelah workshop digelar.

"Sebelumnya, sudah ada 22 klub yang kembalikan formulir. Sekarang dalam proses dan akan diserahkan ke BOPI untuk diverifikasi Rabu (1/7). BOPI juga akan memberikan persyaratan dan klub akan diundang workshop," tukasnya.

Sebelumnya, rencana tersebut mendapatkan kritika tajam dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Bahkan, PSSI menganggap jika Piala Kemerdekaan sangat rancu dan menilai Tim Transisi tak pantas dan tak layak jika berpatokan hasil putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Selain itu, Piala Kemerdekaan juga dianggap dapat menjebak klub menyusul adanya perjanjian partisipasi. Lebih jauh, PSSI mempertanyakan dana yang akan digunakan. Sebab, Tim Transisi berada di bawah Kemenpora. (esa/gia)