FOLLOW US:


WSBK Beri Jalan BRI Liga 1 Seri Terakhir Bisa Dihadiri Penonton di Stadion

24-11-2021 18:51

 | Serafin Unus Pasi

WSBK Beri Jalan BRI Liga 1 Seri Terakhir Bisa Dihadiri Penonton di Stadion
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, bersorak merayakan gol Marko Simic ke gawang Mitra Kukar, Minggu (09/12). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Suporter klub BRI Liga 1 2021/2022 siap-siap berangkat ke stadion. Sebab, ada rencana seri terakhir kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air itu boleh dihadiri penonton di arena pertandingan.

World Super Bike (WSBK) Indonesia 2021 seperti memberi jalan agar BRI Liga 1 2021/2022 juga bisa dibuka buat penonton di stadion. Di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, beberapa waktu lalu, para penonton sudah boleh datang.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya terus mengkaji dan berkoordinasi dengan para pemegang kebijakan perizinan pertandingan. Harapannya, ada penonton dalam seri terakhir yang rencananya akan diselenggarakan di Bali.

"Memang ada keinginan dari pemerintah agar Liga 1 ada penonton. Ini terkait dengan persoalan ekonomi juga, apalagi gelaran World Super Bike di Sirkuit Mandalika, NTB, juga sudah dihadiri penonton," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, kepada wartawan.

"Kalau oke maka seri terakhir BRI Liga 1 musim ini digelar di Bali dengan penonton pada 2022. Soal berapa persen penontonnya, akan terus dikaji," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 3

Uji Coba Penonton di Stadion

Sebelum melangkah buat penonton boleh hadir di stadion, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator BRI Liga 1 2021/2022 akan menggelar simulasi atau uji coba. Hal itu supaya tidak ada pelanggaran yang dilakukan, ketika penonton benar-benar boleh datang ke stadion.

Rencana uji coba pertandingan dengan kehadiran penonton akan digelar LIB pada pekan ke-14 dan 15. Dua pekan tersebut berarti masih dalam rangkaian seri ketiga yang berlangsung di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Beberapa hal menjadi pertimbangan dalam uji coba penonton. Satu di antaranya yang paling penting adalah stadion memiliki single seat.

2 dari 3

Mengapa Single Seat Penting?

Kebutuhan single seat ini memang sangat penting. Sebab, harus ada nomor buat penonton sehingga memudahkan pemantuan dan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes).

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Satgas COVID-19, Koordinator PPKM di Pulau Jawa-Bali, serta Kepolisian," tutur Iwan Bule.

"Intinya PSSI dan PT LIB ikut apa yang diarahkan dan diminta pemerintah. Karena bagi PSSI dan PT LIB kompetisi tetap jalan dan tidak ada klaster baru COVID-19. Selain itu juga membantu UMKM sejumlah daerah," imbuhnya.

3 dari 3

Klasemen BRI Liga 1 2021/22

(Bola.net/Fitri Apriani)