FOLLOW US:


Belajar dari Todd Ferre, Pemain Jangan Main Tinju di BRI Liga 1

24-11-2021 18:34

 | Serafin Unus Pasi

Belajar dari Todd Ferre, Pemain Jangan Main Tinju di BRI Liga 1
Gelandang Persipura, Todd Rivaldo Albert Ferre (kanan) berebut bola dengan Gelandang Persita, Harrison Cardoso de Oliveira saat laga BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor pada Sabtu (28/08/2021) malam WIB. © Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Penggawa Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre dihukum 12 bulan larangan bermain oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sanksi itu dijatuhkan karena yang bersangkutan berperilaku buruk terhadap perangkat pertandingan.

Perilaku buruk itu berupa protes berlebihan terhadap wasit Sigit Budiyanto ketika Persipura berhadapan dengan Bali United pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022, Jumat (5/11). Bahkan, Todd Ferre sampai memukul dan mengejar sang pengadil lapangan untuk memukul lagi.

Belajar dari kasus tersebut, Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing meminta pemain jangan main tinju di BRI Liga 1 2021/2022. Mereka diminta fokus bermain sepak bola yang baik dan benar.

"Kami menjatuhkan sanksi itu ada dasarnya. Sesuai Kode Disiplin PSSI. Kami tidak mengada-ada. Jadi mengimbau kepada pemain, kalau sepak bola, maka main sepak bola saja. Bukan main tinju, main pukul," ujar Erwin Tobing, saat dihubungi wartawan.

"Kalau main pukul di ring. Kalau main sepak bola di lapangan. Ada tindakan tegas dengan dasar yang kuat kalau terjadi peristiwa seperti itu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 3

Melanggar Kode Disiplin Pasal 50

Apa yang dilakukan Todd Ferre itu melanggar Kode Disiplin PSSI Pasal 50 ayat 1, poin B. Di sana disebutkan ancaman hukuman bila bertingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan.

Berikut isi pasal tersebut:

"Termasuk sanksi skors secara otomatis yang timbul sebagaimana yang dimaksudkan Pasal 15 ayat 4 Kode Disiplin PSSI ini, maka jumlah sanksi skors secara keseluruhan terhadap siapapun yang menerima kartu merah dalam keadaan-keadaan tertentu adalah sebagai berikut:

b. sekurang-kurangnya selama 6 (enam) bulan karena melakukan penyerangan (dengan menyikut atau memukul atau menendang dan sebagainya) terhadap perangkat pertandingan.

2 dari 3

Hukuman Mulai Dieksekusi

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita membenarkan hukuman yang ditetapkan pada 17 November 2021 itu sudah dieksekusi. Todd Ferre tidak bermain lagi dalam pertandingan pekan ke-12 kemarin.

"Betul, hukuman satu tahun untuk Todd Ferre berasal dari Komdis yang membuat keputusan," tutur Lukita.

"PT LIB hanya menjalankan administrasi hasil sidang Komdis yang sudah menjadi keputusan," imbuh pria yang karib dipanggil Lulu ini.

3 dari 3

Klasemen BRI Liga 1 2021/22

(Bola.net/Fitri Apriani)