FOLLOW US:


Yunus Nusi Diminta Persiapkan Pemilihan Sekjen PSSI

21-04-2020 22:04

 | Serafin Unus Pasi

Yunus Nusi Diminta Persiapkan Pemilihan Sekjen PSSI
PSSI © Fitri Apriani

Bola.net - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. Ia bakal mengisi posisi tersebut hingga pemilihan sekjen baru.

Yunus dipilih sebagai plt sekjen setelah Exco PSSI menggelar rapat beberapa hari lalu. Sejak 13 April 2020, kursi sekjen memang kosong lantaran Ratu Tisha Destria mengundurkan diri.

Yunus pun diminta salah satu anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro untuk segera mempersiapkan pemilihan sekjen baru. Sebab, ada proses yang harus dilalui para calon.

"Segera persiapkan proses seleksi sekjen agar exco dalam menetapkan memiliki dasar yang bisa dipertanggung jawabkan," ujar Haruna.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Pemilihan Sekjen Harus Sesuai Statuta

Menurut statuta PSSI 2019 pasal 61 ayat 2, seorang sekjen harus ditunjuk berdasarkan perjanjian yang diatur oleh hukum privat, dan harus memenuhi kriteria, kualifikasi profesional yang dapat dibuktikan dengan proses seleksi yang transparan, serta akuntabel. Oleh sebab itu, kursi sekjen tak bisa diduduki sembarang orang.

"Dengan kriteria beban tugas yang ada di statuta tidak cukup untuk exco hanya pilih setuju atau tidak setuju," tutur Haruna.

"Harus ada alasan yang bisa dipertanggungjawabkan bahwa sekjen yang akan diajukan ketua umum telah memenuhi syarat untuk mengemban tugas sebagaimana amanat dalam statuta," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)