FOLLOW US:


10 Pemain Terbaik Manchester City di Era Sheikh Mansour: David Silva Nomor Satu

01-07-2020 06:00

 | Richard Andreas

10 Pemain Terbaik Manchester City di Era Sheikh Mansour: David Silva Nomor Satu
David Silva © AP Photo

Bola.net - Misi besar Manchester City untuk jadi klub besar di Inggris dimulai sejak tahun 2008 lalu. Saat itu Man City diakuisisi oleh Sheikh Mansour, miliarder asal Uni Emirat Arab, dengan ambisi menjadi juara.

Sekarang, dua gelar FA Cup, lima Piala Liga, dua Community Shields, mendampingi empat gelar Premier League Man City. Terakhir, mereka meraih dua gelar Premier League beruntun di bawah Pep Guardiola.

Mungkin kesuksesan Man City dipandang instan, karena Sheikh Mansour membawa ratusan juta poundsterling untuk membeli banyak pemain top. Namun, sebenarnya tidak ada yang salah dengan proses itu.

Harus diakui, Man City bisa sekuat sekarang karena dukungan finansial. Mereka mendatangkan banyak pemain mahal untuk memperkuat tim, pemain-pemain yang sudah jadi dan bisa langsung tampil di level tinggi.

Untuk itu, Squawka mencoba merangkum 10 pembelian terbaik yang bisa membuat Man City sekuat sekarang sejak era Sheikh Mansour sekitar 12 tahun lalu.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 11

10. Bernardo Silva

Bernardo Silva (c) AP Photo
Bernardo Silva (c) AP Photo

Penampilan: 148
Gol: 29

Didatangkan dari AS Monaco pada tahun 2017 lalu, Silva perlahan-lahan jadi pemain andalan Pep Guardiola. Dia memang tidak langsung bermain reguler di musim pertamanya, tapi sekarang namanya hampir selalu dipilih.

Salah satu nilai plus Bernardo Silva adalah kinerjanya di lapangan. Kerja kerasnya luar biasa, dia merupakan salah satu pemain dengan daya jelajah paling tinggi di lapangan.

2 dari 11

9. Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) AFP
Carlos Tevez (c) AFP

Penampilan: 270
Gol: 23

Selama bertahun-tahun, Man City tenggelam di bawah bayang-bayang Man United, tapi kedatangan Carlos Tevez mengubah banyak hal.

Seteah tahun terakhirnya di MU berjalan buruk, Tevez langsung membuktikan kualitasnya bersama Man City. Dia jadi senjata utama Man City dalam langkah menjuarai FA Cup dan Premier League.

3 dari 11

8. Kyle Walker

Kyle Walker (c) AP Photo
Kyle Walker (c) AP Photo

Penampilan: 133
Gol: 3

Kualitasnya sudah terbukti sebagai bek kanan di level internasional dan saat membela Tottenham Hotspur. Lalu, sejak ditangani Guardiola, level permainan Walker seketika terdongkrak.

Tiga musim terakhir Man City hanya kebobolan 83 gol di liga domestik, Walker merupakan salah satu bagian pertahanan mereka. Tiga musim di Man City, Walker meraih trofi lebih banyak dari perjalanan karier sebelumnya.

4 dari 11

7. Ederson

Ederson Moraes (c) AP Photo
Ederson Moraes (c) AP Photo

Penampilan: 134
Gol: 0

Salah satu pembelian yang tepat sasaran. Guardiola memang membutuhan kiper dengan kemampuan spesifik, yang bisa bermain tepat sesuai taktiknya.

Ederson bisa dan berani membawa bola dari belakang. Dia punya akurasi umpan tinggi dan keberanian dalam duel-duel fisik.

Tercatat, tidak ada kiper lain yang bisa mencatatkan clean sheets sebanyak Ederson (47) sejak dia tiba di Inggris.

5 dari 11

6. Raheem Sterling

Raheem Sterling (c) AP Photo
Raheem Sterling (c) AP Photo

Penampilan: 233
Gol: 91

Sterling digodok di Liverpool, matang di Man City. Sekarang, dia disebut sebagai salah satu penyerang terbaik berdarah Inggris.

Tiga musim beruntun, Sterling sukses mencetak minimal 20 gol di semua kompetisi. Dia menjelma jadi pemain kunci dalam skuad Guardiola, level permainannya sudah sangat matang.

Musim ini, Sterling terlibat langsung dalam 27 gol Man City di liga (22 gol dan 7 assists)

6 dari 11

5. Fernandinho

Fernandinho (c) Manchester City FC
Fernandinho (c) Manchester City FC

Penampilan: 307
Gol: 23

Tidak banyak yang tahu nama Fernandinho ketika Man City mengeluarkan 30 juta pounds untuk mendatangkannya dari Shakhtar Donetsk pada tahun 2013 lalu.

Namun, dua musim terakhir dia adalah salah satu pemain terbaik Man City. Dia pernah membentuk kombinasi tangguh bersama Yaya Toure di bawah bimbingan Manuel Pellegrini.

7 dari 11

4. Yaya Toure

Yaya Toure (c) AFP
Yaya Toure (c) AFP

Penampilan: 316
Gol: 79

Bisa saja menyebut Yaya Toure sebagai pembelian terbaik di era Sheikh Mansour. Dia tiba dari Barcelona dan langsung jadi pemain penting dalam peran box-to-box.

Selain itu, Toure pun bisa diandalkan untuk mencetak gol. Seperti yang dia lakukan di musim 2013/14 dengan 20 gol untuk membantu Citizens menjuarai liga.

8 dari 11

3. Kevin de Bruyne

Kevin De Bruyne (c) AP Photo
Kevin De Bruyne (c) AP Photo

Penampilan: 213
Gol: 53

Gelandang genius yang didatangkan dari Jerman. Setelah dibuang Chelsea, De Bruyne berjuang membuktikan kualitasnya di Bundesliga, lalu Man City berjudi mendatangkannya kembali ke Inggris.

Terlepas dari masalah cedera, De Bruyne bisa tampil luar biasa dalam kondisi terbaiknya. Musim ini dia pantas dipertimbangkan sebagai pemain terbaik Premier League.

9 dari 11

2. Sergio Aguero

Sergio Aguero usai mencetak dua gol ke gawang Crystal Palace (c) AP Photo
Sergio Aguero usai mencetak dua gol ke gawang Crystal Palace (c) AP Photo

Penampilan: 370
Gol: 254

Salah satu striker terbaik di Premier League, status yang sudah cukup untuk menjelaskan betapa pentingnya Aguero untuk Man City. Andai tidak cedera, gol-golnya pun mungkin bisa lebih banyak lagi.

Selama bertahun-tahun, Aguero selalu mencetak gol-gol penting untuk Man City. Mungkin musim ini dia mulai membimbing Gabriel Jesus untuk jadi penerusnya, tapi bertahun-tahun terakhir Aguero selalu nomor satu.

10 dari 11

1. David Silva

David Silva (c) Bola.net
David Silva (c) Bola.net

Penampilan: 428
Gol: 75

Tidak pernah membuat masalah, pemain yang selalu memberikan segalanya di lapangan dan di luar lapangan. David Silva pantas disebut sebagai legenda Man City.

Musim ini adalah musim terakhirnya, dia bakal pergi dengan kepala tegak. Tidak perlu diragukan lagi, dia adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah bermain di Premier League.

11 dari 11

Yang tidak boleh dilewatkan

Selain 10 nama di atas, ada beberapa nama lain yang patut dipertimbangkan. Meski tidak masuk 10 besar, nama-nama di bawah ini pun pernah bermain apik untuk Man City.

  • Gareth Barry
  • Nigel de Jong
  • Edin Dzeko
  • Aleksandar Kolarov
  • James Milner
  • Leroy Sane
  • John Stones