FOLLOW US:


9 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pasca Liverpool Juara Premier League

30-06-2020 19:31

 | Dimas Ardi Prasetya

9 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pasca Liverpool Juara Premier League
Liverpool juara Premier League 2019/2020 © AP Photo

Bola.net - Ada sejumlah hal yang mungkin terjadi setelah Liverpool memastikan bisa meraih gelar juara Premier League untuk pertama kalinya.

Liverpool tak pernah menjadi juara Premier League sejak format tersebut diberlakukan di liga Inggris pada tahun 1992 silam. Mereka sempat nyaris berhasil dalam empat kesempatan berbeda.

Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada musim 2019-20. Setelah dipoles oleh Jurgen Klopp selama sekitar empat tahun, Liverpool menjadi tim yang sangat perkasa.

Liverpool sukses mematahkan dominasi Manchester City. Mereka menjadi juara liga dengan memecahkan sejumlah rekor, termasuk kemenangan liga tercepat dengan menyisakan tujuh laga.

Kemenangan ini sendiri berarti Liverpool telah meraih empat gelar juara dalam waktu dua tahun terakhir. Salah satunya adalah gelar Liga Champions keenam di sepanjang sejarah klub.

Kini setelah Liverpool jadi juara Premier League untuk pertama kalinya, apa yang akan terjadi berikutnya?

Berikut sembilan hal yang mungkin akan terjadi pasca Liverpool juara Premier League, baik di dalam maupun di luar lapangan.

1 dari 9

Patung Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan sosok manajer yang istimewa. Ia sosok yang hangat dan dicintai oleh para fans Liverpool, bahkan juga oleh media dan fans klub lain.

Klopp makin istimewa karena prestasinya sejauh ini bersama Liverpool. Ia sudah membawa The Reds meraih empat gelar juara.

Ia kini sudah meraih status legenda dari fans Liverpool. Steven Gerrard, salah satu legenda terbesar The Reds, bahkan sempat berujar agar Klopp dibikinkan patung, seperti halnya manajer legendaris klub itu dahulu, Bill Shankly dan Bob Paisley.

2 dari 9

Rival yang Sibuk Belanja

Liverpool sebelumnya kesulitan unutk bersaing meraih gelar juara Premier League. Dan saat mereka berusaha bangkit, mereka diadang oleh keperkasaan Manchester City.

Jadi apa yang dilakukan oleh Jurgen Klopp? Tentu saja ia memperkuat timnya dengan berbelanja pemain, meskipun opsi itu tak selalu dipilihnya.

Kini Liverpool mampu mendominasi liga, menggusur Man City. Banyak pihak yang kemudian menyebut Liverpool akan bisa meniru jejak Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Melihat Liverpool sekarang saat ini, apa hal yang paling logis akan diperbuat klub-klub rival? Tentu saja mereka akan melakukan hal yang sebelumnya dilakukan The Reds; belanja pemain demi memperkuat tim.

3 dari 9

Promosi Para Pemain Muda

Salah satu dasar kesuksesan Liverpool adalah tak melulu mengandalkan pembelian pemain baru. Jurgen Klopp akan berusaha memaksimalkan potensi pemain yang ada di klub, khususya dari akademi.

Hasilnya, ada nama Trent Alexander-Arnold. Bek kanan berusia 21 tahun itu kini menjadi salah satu bek kanan terbaik di dunia.

Klopp pun sepertinya akan terus memberikan kepercayaan pada para pemain muda dari akademi untuk menghuni skuat utama Liverpool. Ia sudah melakukannya sepanjang musim ini.

Apalagi ada sejumlah nama pemain muda yang sering dipanggilnya bermain di tim utama. Ada Curtis Jones, Harvey Elliott, Neco Williams, hingga Ki Jana Hoever.

4 dari 9

Van Dijk, Bek Terhebat Premier League

Virgil Van Dijk bisa dikatakan sebagai bek terbaik di Premier League saat ini. Ia sudah membuktikan kapasitasnya sejak gabung Liverpool pada Januari 2018 lalu.

Ia pun meraih penghargaan pemain terbaik Premier League musim 2018-19 kemarin. Ia juga meraih penghargaan sebagai bek terbaik UEFA di musim yang sama. Van Dijk juga meduduki peringkat kedua pemilih Ballon d'Or 2019.

Van Dijk juga telah mengoleksi empat gelar juara sejauh ini. Ia sebelumnya sempat tak dianggap bisa masuk deretan bek terhebat di EPL karena masih nihil gelar juara.

Jadi kini statusnya berubah seiring raihan gelar-gelar tersebut, termasuk gelar juara liga. Ia akan bisa masuk dalam jajaran bek paling hebat dalam sejarah Premier League.

5 dari 9

Dominasi Ballon d'Or

Tahun 2019 kemarin, ada tujuh pemain Liverpool yang dinominasikan untuk meraih Ballon d'Or. Virgil Van Dijk bahkan berakhir di urutan kedua di bawah Lionel Messi.

Tahun ini bisa jadi skuat Liverpool kembali akan mendominasi ajang penghargaan bergengsi tersebut. Van Dijk, Mohamed Salah, Sadio Mane, Trent Alexander-Arnold, Jordan Henderson dan Alisson Becker hampir pasti akan dinominasikan lagi.

Ada juga kemungkinan pemain lain seperti Fabinho, Roberto Firmino, dan Andrew Robertson juga akan disertakan.

6 dari 9

Serial Dokumenter

Liverpool membutuhkan waktu tiga dekade untuk bisa meraih gelar juara liga pertamanya. Dan dalam kurun waktu tersebut mereka sudah mengalami banyak penderitaan.

Di antaranya adalah terpelesetnya Steven Gerrard, Crystanbul, hingga aksi clearance John Stones. Namun pada akhirnya usaha mereka membuahkan hasil manis pada musim ini.

Kisah ini tentu akan menarik untuk ditarik ke layar televisi. Bisa jadi akan ada serial dokumenter yang akan digarap oleh Netflix atau Amazon Prime.

Sudah ada beberapa klub yang sebelumnya kisahnya dijadikan film dokumenter. Di antaranya Sunderland dan Manchester City.

7 dari 9

Fans Liverpool Bujuk Mbappe Gabung Liverpool

Muda, gesit, punya insting gol luar biasa. Itulah Kylian Mbappe.

Pemain PSG ini sebelumnya sudah memberikan kode bahwa ia membuka pintu gabung Liverpool. Fans Liverpool pun sangat berharap pemain berusia 21 tahun itu bakal pindah ke Anfield.

Kini Liverpool telah jadi juara Premier League. Para fans The Reds pasti akan berpikir bahwa ini adalah alasan yang tepat untuk membujuk Mbappe agar bersedia pindah ke Liverpool.

8 dari 9

Liverpool dan Manchester City Bersaing Rebut Trofi Pertama 2021

Manchester City pasti akan termotivasi untuk bisa menebus kegagalan mereka di Premier League musim ini. Caranya dengan memenangkan gelar juara yang tersisa.

Saat ini mereka masih bermain di Liga Champions. Mereka juga masih berada di ajang Piala FA.

Ada kemungkinan besar City akan jadi juara Piala FA tersebut. Dengan demikian, jika memang mereka juara, mereka akan berduel dengan Liverpool di pentas Community Shield.

9 dari 9

Balasan Fans Liverpool

Sama seperti Liverpool, fans mereka juga telah menderita selama tiga dekade. Mereka juga harus pasrah mendengar ejekan dari fans klub lain, khususnya dari para rival seperti Manchester United.

Namun kini Liverpool sudah juara. Jadi ini adalah momen yang tepat bagi para fans itu untuk membalas semua ejekan tersebut.

(Give Me Sport)