FOLLOW US:


10 Pemain Termuda Manchester United Saat Jalani Debut: Ada yang 16 Tahun!

23-02-2021 15:28

 | Asad Arifin

10 Pemain Termuda Manchester United Saat Jalani Debut: Ada yang 16 Tahun!
Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer mendapatkan banyak sorotan usai memberikan promosi pada due pemain muda Manchester United, Shola Shoretire dan Hannibal Mejbri. Apalagi, satu di antara dua pemain itu telah menjalani debut.

Sebenarnya, ada tiga pemain dari tim muda yang dipromosikan Solskjaer. Selain Mejbri dan Shoretire, ada Amad Diallo yang juga naik ke tim utama usai tampil di tim U-23.

Shoretire mendapat debut saat United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League musim 2020/2021. Shoretire baru berusia 17 tahun ketika untuk pertama kali tampil di laga Premier League.

Shoretire memang masih sangat muda, tetapi bukan yang paling muda. Yuk simak daftar 10 pemain termuda yang menjalani debut bersama Setan Merah di Premier League pada artikel ini ya Bolaneters.

1 dari 10

Rafael Da Silva

Rafael Da Silva
Rafael Da Silva © AFP

Rafael Da Silva mengikuti jejak Neville bersaudara di Manchester United. Bersama kembarannya, Fabio Da Silva, mereka bermain di tim utama United.

Rafael menjalani debut bersama United pada 2008. Saat itu, dia baru berusia 18 tahun dan 39 hari. Sir Alex Ferguson sangat yakin Rafael bakal jadi pemain bintang di masa depan.

Namun, setelah Ferguson pensiun, karir Rafael redup. Pada musim 2020/2021 ini, dia bermain untuk Istanbul Basaksehir.

2 dari 10

Kieran Richardson

Kieran Richardson
Kieran Richardson © MUFC

Kieran Richardson mungkin tidak cukup populer di kalangan fans United. Namun, dia sempat menjadi salah satu wonderkid yang diprediksi bakal jadi bintang besar di masa depan.

Richardson menjalani debut pada 2002 silam, ketika masih berusia 18 tahun dan 32 hari. Setelah membuat 81 penampilan, Richardson pindah ke Sunderland pada 2007 dengan transfer 8.2 juta euro.

Richardson pensiun pada 2016 lalu usai bermain di Cardiff City.

3 dari 10

Phil Neville

Phil Neville
Phil Neville © PA

Phil Neville menjadi salah satu nama besar yang lahir dari Class of 92 yang masyhur. Phil Neville memainkan laga debutnya pada usia 18 tahun dan 20 hari di Premier League.

Saudara Gary Neville itu tampil pada 386 laga bersama United dalam 11 musim pengabdiannya. Phil Neville kemudian pindah ke Everton pada 2004 setelah meraih banyak sukses.

Phil Neville gantung sepatu pada 2013. Kini, dia menjadi pelatih kepala Inter Miami, klub yang dimiliki David Beckham.

4 dari 10

Danny Welbeck

Danny Welbeck
Danny Welbeck © MUFC

Danny Welbeck sempat diprediksi bakal jadi mesin gol United. Dia menjalani debut ketika berusia 17 tahun dan 345 hari. Welbeck pun mampu tampil mengesankan bersama tim senior.

Sayangnya, karir Welbeck hancur karena cedera. Welbeck hanya mencetak 29 gol dari 142 laga bersama United. Pada 2014, dia dilepas ke Arsenal dengan harga 16 juta pounds.

Welbeck kini bermain untuk Brighton, usianya sudah 30 tahun.

5 dari 10

James Garner

James Garner
James Garner © MUFC Official

James Garner tampil menonjol untuk tim junior Manchester United sebelum dipanggil ke tim senior. Dia memainkan laga debutnya ketika masih berusia 17 tahun dan 350 hari.

James Garner sempat disebut sebagai calon penerus Michael Carrick di United. Namun, demi mendapat kesempatan bermain, dia dipinjamkan ke Watford awal musim ini dan kini ke Nottingham Forrest.

6 dari 10

Nicky Butt

Satu lagi pemain yang menjadi bagian dari Class of 92 adalah Nicky Butt. Dia menjalani debut saat masih berusia 17 tahun dan 304 hari.

Nicky Butt akan dikenang sebagai legenda di United, walau tidak semua karirnya terjadi bersama Setan Merah. Butt memainkan 387 laga selama 12 musim membela United.

Butt sempat bermain untuk Newcastle dan South China sebelum pensiun.

7 dari 10

Federico Macheda

Federico Macheda
Federico Macheda © Ist

Macheda memainkan pertandingan yang ikonik saat United berjumpa Aston Villa pada musim 2008/2009 lalu. Macheda memastikan United menang lewat golnya pada menit akhir laga. Momen yang penting bagi perjalanan United musim itu.

Namun, setelah itu, Macheda tak punya banyak kesan positif lain. Dia hanya akan dikenang sebagai salah satu pemain termuda yang menjalani debut di United yakni pada usia 17 tahun dan 226 hari.

Saat ini, Macheda bermain untuk klub Yunani yakni Panathinaikos.

8 dari 10

Mason Greenwood

Mason Greenwood
Selebrasi Mason Greenwood usai membobol gawang West Ham © MUFC Official

Greenwood adalah salah satu talenta spesial yang dimiliki Manchester United. Sebab, pada usia yang baru 19 tahun, dia telah mencetak 22 gol di semua kompetisi.

Greenwood menjalani debutnya pada usia yang sangat muda. Jebolan akademi United itu baru berusia 17 tahun dan 159 hari saat memainkan laga pertamanya untuk United.

Kini, bersama Marcus Rashford, Greenwood jadi produk unggulan dari akademi United.

9 dari 10

Shola Shoretire

Shola Shoretire
Shola Shoretire menjalani debutnya saat Manchester United berjumpa Newcastle di pekan ke-25 Premier League 2020/2021 © AP Photo

Shola Shoretire menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan fans United. Dia baru saja mendapat kontrak profesional dan menjalani debut bersama tim senior.

Shoretire baru berusia 17 tahun dan 19 hari saat bermain di laga melawan Newcastle.

Shoretire mengaku terkesan dengan debutnya di tim senior. "Saya benar-benar gugup, namun saya bekerja keras untuk bisa mendapatkan momen ini, sehingga saya ingin memberikan yang terbaik," ucap Shola Shoretire kepada MUTV.

10 dari 10

Angel Gomes

Angel Gomes
Angel Gomes Merayakan Golnya ke Gawang Tottenham Hotspur © Manchester United Official

Angel Gomes menajdi pemain paling muda yang menjalani debut di Manchester United. Pemain asal Inggris itu baru berusia 16 tahun dan 263 hari saat memainkan laga pertamanya.

Angel Gomes kini tidak lagi masuk dalam skuad United. Pada awal musim 2020/2021 lalu, dia pindah ke Lille dengan status bebas transfer. Namun, dia kemudian dipinjamkan ke Boavista.

Angel Gomes tampil cukup bagus untuk tim asal Portugal tersebut. Angel Gomes telah mencetak empat gol dari 17 laga.

Sumber: Give me Sport