5 Kapten Tim Premier League yang Paling Ikonik: 2 Nama Dari MU

Aga Deta | 18 Agustus 2022 08:01
Trofi Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Premier League sekarang dianggap sebagai kompetisi terbaik di dunia. Sejak bergulir 30 tahun lalu, kompetisi ini telah menjadi rumah bagi pemain-pemain berkualitas sepanjang sejarahnya.

Bahkan tak sedikit pemain dengan label kapten yang meninggalkan kesan mendalam bagi tim yang dibelanya.

Tak sedikit kapten tim klub-klub Premier League yang menjadi pemimpin yang menginspirasi di lapangan hijau.

Dari pemain-pemain di pusat pertahanan yang tak punya rasa takut, hingga gelandang-gelandang berbakat, sudah pernah ada.

Seperti dilansir dari Give me Sport, berikut lima kapten tim yang terbilang ikonik bersama klub Premier League. Siapa saja mereka?

1 dari 5 halaman

Roy Keane (MU 1997-2005)

Roy Keane saat masih aktif bermain di Manchester United. (c) AFP

Roy Keane bermain bersama Manchester United (MU) sejak 1993. Setelah pensiunnya Eric Cantona pada 1997, Roy Keane terpilih menjadi kapten tim asuhan Sir Alex Ferguson.

Roy Keane adalah bagian penting dari sejarah MU ketika meraih treble pada 1999, di mana mereka menjuarai Piala FA, Premier League, dan Liga Champions.

Roy Keane menjadi kapten hingga 2005, di mana ia pergi dari Old Trafford atas kesepakatan bersama pada 18 November 2005.

2 dari 5 halaman

John Terry (Chelsea 2004-2017)

John Terry (c) AFP

John Terry merupakan stoper jebolan akademi Chelsea yang berhasil menerobos ke tim utama The Blues pada 1998. Bek tengah asal Inggris ini pun menjadi pilar utama di lini pertahanan The Blues.

Delapan tahun setelah menembus tim utama Chelsea, kepergian Marcel Desailly membuat manajer The Blues yang baru, Jose Mourinho, memilih Terry sebagai kapten tim.

Sang pemain bertahan terus menjadi kapten tim hingga pergi dari Stamford Bridge pada 2017. Terry kemudian pergi dan memperkuat Aston Villa yang kala itu bermain di divisi Championship.

3 dari 5 halaman

Tony Adams (Arsenal 1988-2002)

Tony Adams (c) AFP

Tony Adams merupakan bek tengah yang sepanjang karier profesionalnya hanya membela dua tim, yaitu Arsenal dan Timnas Inggris. Artinya, Tony Adams merupakan satu dari beberapa one man club yang bermain di Premier League.

Pemain kelahiran London ini sudah membela Arsenal sejak 1983. Ia juga mendapatkan kepercayaan menjadi kapten tim sejak 1988, sebelum kompetisi tertinggi sepak bola Inggris menjadi Premier League.

Ia menjadi kapten pada 1 Januari 1988, di mana Tony Adams kala itu mengenakan ban kapten Arsenal kala usianya baru 21 tahun.

Ia terus menjadi kapten tim selama 14 tahun di Arsenal, di mana akhir dari jabatannya sebagai kapten adalah ketika sang pemain memutuskan untuk gantung sepatu pada 2002.

4 dari 5 halaman

Steven Gerrard (Liverpool 2003-2015)

Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard adalah gelandang yang sudah membela Liverpool sejak masih di akademi. Setelah 9 tahun berada di akademi Liverpool, Steven Gerrard menembus tim utama The Reds pada 1998.

Lima tahun berselang, Gerrard mendapatkan kepercayaan menjadi kapten The Reds. Hal itu didapatkannya setelah satu tahun menjadi wakil kapten.

Gerrard menggantikan Sami Hyypia yang sebelumnya menjadi kapten pada Oktober 2003. Adalah Gerard Houllier yang saat itu melihat kualitas kepemimpinan Gerrard dan akhirnya memutuskan menunjuk pemain kelahiran Merseyside itu sebagai kapten.

5 dari 5 halaman

Steve Bruce (MU 1992-1994)

Steve Bruce (c) AFP

Steve Bruce datang ke Manchester United setelah direkrut dari Norwich City pada 1987. Pemain berposisi sebagai bek tengah itu kemudian mendapatkan kepercayaan sebagai kapten tim pada 1992.

Namun, kesempatannya menjadi kapten The Red Devils tidak terlalu lama. Ia hanya menjadi kapten The Red Devils hingga 1994, di mana setelah itu Eric Cantona dipercaya oleh Sir Alex Ferguson mengenakan ban kapten di lengan kirinya.

Sumber: Give Me Sports
Disadur dari: Bola.com/Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo
Published: 17 Agustus 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR