FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Kemenangan Arsenal Atas Chelsea di Final Piala FA

02-08-2020 11:05

 | Gia Yuda Pradana

5 Pelajaran dari Kemenangan Arsenal Atas Chelsea di Final Piala FA
Skuad Arsenal merayakan gol kedua Pierre-Emerick Aubameyang ke gawang Chelsea pada duel final Piala FA 2020. © AP Photo

Bola.net - Arsenal keluar sebagai juara Piala FA 2019/20. The Gunners mengalahkan sesama klub London, Chelsea, dengan skor 2-1 di partai final, Sabtu (1/8/2020).

Chelsea unggul lewat gol Christian Pulisic menit 5. Namun, Arsenal membalikkan keadaan lewat sepasang gol Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubameyang menyamakan skor melalui eksekusi penalti di menit 28. Setelah itu, striker Arsenal tersebut membobol gawang The Blues di menit 67 untuk memastikan kemenangan timnya.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kemenangan Arsenal atas Chelsea di final Piala FA ini. Simak ulasan singkatnya.

1 dari 5

Hasil Penting untuk Masa Depan Aubameyang

Hasil Penting untuk Masa Depan Aubameyang
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. © AP Photo

Sebelum laga, manajer Arsenal, Mikel Arteta, mementahkan klaim bahwa final ini bakal menjadi penampilan terakhir Aubameyang degan seragam The Gunners. Seperti dikutip The Mirror, dia berujar: "Tidak, saya tidak mencemaskan itu."

"Jika Anda memakai ban kapten dan mampu mengangkat trofi itu, maka itu adalah momen spesial, dan itu pasti akan membantu."

Arsenal telah mengangkat trofi juara Piala FA dan berhak lolos ke fase grup Liga Europa musim depan. Dengan ini, peluang Aubameyang memperpanjang kontrak bersama Arsenal pun diyakini semakin terbuka.

2 dari 5

Pulisic yang Fantastis

Pulisic yang Fantastis
Penyerang Chelsea, Christian Pulisic. © AP Photo

Hasil akhirnya memang tak sesuai harapan Chelsea. Namun, The Blues pantas berbangga dengan salah satu pemainnya, yakni Pulisic yang telah tampil fantastis.

Sejak kompetisi kembali digelar pasca-lockdown, penyerang asal Amerika Serikat itu telah mengemas lima gol dan empat assist dalam 11 penampilan. Di final Piala FA, Pulisic, dengan kecepatan dan akselerasinya, menjadi ancaman konstan bagi lawan.

Finishing cerdiknya di menit-menit awal juga membuktikan kapasitasnya. Namun sayang, dia harus keluar di babak kedua akibat cedera.

Chelsea musim depan akan diperkuat beberapa penyerang baru, termasuk Timo Werner dan Hakim Ziyech. Meski demikian, Pulisic yang fantastis musim ini diyakini akan kembali menjadi salah satu pilihan utama Frank Lampard.

3 dari 5

Sepak Bola Eropa untuk Arsenal

Sepak Bola Eropa untuk Arsenal
Arsenal juara Piala FA 2019/20 © AP Photo

Arsenal punya sederet motivasi di final ini. Salah satunya adalah untuk mengukuhkan status mereka sebagai pemegang rekor juara Piala FA.

Arsenal telah mengoleksi 14 gelar juara Piala FA, lebih banyak daripada tim-tim lainnya. Manchester United berada di urutan kedua dengan 12 gelar.

Motivasi lainnya, yang tak kalah penting, adalah sepak bola Eropa.

Di Premier League, Arsenal hanya finis peringkat 8. Satu-satunya jalan untuk tampil di Eropa musim depan adalah dengan menjadi juara Piala FA. Arsenal berhasil melakukannya.

Arsenal mendapatkan jatah tampil di fase grup Liga Europa 2020/21. The Gunners pun terhindar dari nasib buruk, gagal lolos ke Eropa untuk pertama kalinya sejak musim 1995/96.

4 dari 5

Nasib Sial Kapten Chelsea

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, tampil mengagumkan sepanjang musim ini. Namun, pemain bertahan asal Spanyol itu mengalami nasib siap di final Piala FA.

Di penampilannya yang ke-49 untuk Chelsea musim ini, Azpilicueta membuat The Blues dihukum penalti dan mengalami cedera hamstring di babak pertama.

Cedera itu membuat Azpilicueta tak bisa menebus kesalahannya. Arsenal pun mendapatkan momentum mereka, dan akhirnya menjungkalkan Chelsea untuk meraih trofi juara.

5 dari 5

Arsenal Tidak Salah Pilih Arteta

Arteta diangkat menjadi manajer Arsenal per 20 Desember 2019. Piala FA adalah trofi perdananya sebagai pelatih.

Sebagai pemain, mantan gelandang Spanyol ini pernah dua kali menjuara Piala FA bersama Arsenal, yakni pada musim 2013/14 dan 2014/15. Sekarang, dia menjuarai kompetisi ini sebagai manajer Arsenal.

Arteta pun menjadi orang pertama yang menjuarai Piala FA bersama Arsenal sebagai kapten dan manajer.

Di awal musim, Arsenal tersendat bersama Unai Emery. Setelah itu, Arsenal menunjuk Freddie Ljungberg sebagai manajer interim. Sesudahnya, mereka mengangkat Arteta.

Arsenal tidak salah sudah memilih Arteta.