FOLLOW US:


8 Pemain Brasil yang Meraih Sukses di Premier League [Bagian 1]

17-11-2020 18:07

 | Serafin Unus Pasi

8 Pemain Brasil yang Meraih Sukses di Premier League [Bagian 1]
Alisson Becker © Pool EPA via AP Photo

Bola.net - Premier League menjadi salah satu kompetisi liga yang banyak menjadi tolak ukur kesuksesan seorang pesepak bola. Pemain dari luar Inggris pun kerap mempertaruhkan karirnya di liga yang terkenal dengan permainan fisiknya tersebut.

Salah satunya Brazil, negara yang kerap meerbitkan bintang-bintang dalam sepak bola. Banyak pemain Brazil yang pindah ke Inggris untuk mencoba kerasnya persaingan di Premier League. Ada yang berhasil dan sukses besar, namun banyak juga yang sulit beradaptasi di kompetisi tersebut.

Robinho menjadi contoh nyata pemain Brazil berbakat yang pada masanya dianggap sebagai wonderkid berpotensial. Datang dari Real Madrid, Robinho ditebus mahal oleh Manchester City dengan mahar 43 juta euro. Namun, Robinho hanya bisa bertahan satu setengah musim dan gagal menaklukkan kerasnya Premier League.

Di lain sisi, pemain Brazil lain menunjukkan bahwa Premier League bisa ditaklukkan dan bahkan menjadi salah satu bintang di kompetisi tersebut. Bahkan dua kiper timnas Brazil, Alisson dan Ederson kini mengecap status sebagai pemain reguler dan menjadi pilar penting untuk klubnya sekarang.

Bersama Alisson dan Ederson ada beberapa nama lain yang juga menjalani karir yang fantastis di Premier League. Siapa saja empat dari delapan pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1 dari 4

Alisson

Alisson
Alisson Becker © AP Photo

Liverpool langsung merasakan dampak positif sejak awal kedatangan Alisson ke Liverpool. Ditebus mahal sebesar 62,5 juta euro dari AS Roma, Alisson berhasil menghapus mimpi buruk penggemar dari horrornya penjaga gawang Liverpool sebelumnya.

Gelar Liga Champions yang dulunya gagal diraih akibat kurang bagusnya penjaga gawang Liverpool pun akhirnya didapatkan di musim pertama Alisson. Selanjutnya, Alisson pun turut menjadi palang utama tim dalam meraih gelar Premier League musim 2019/20 setelah 30 tahun penantian.

Kini Alisson telah tampil di 97 pertandingan dengan catatan 47 clean sheets di Liverpool dan masih menjadi pilar penting klub. Alisson pun kini dianggap sebagai salah satu kiper hebat dan merupakan pemilik gelar Kiper Terbaik Dunia versi FIFA 2019.

2 dari 4

Ederson

Ederson
Ederson Moraes © AFP

Kompatriot Alisson di timnas Brazil, Ederson berhasil menjadi salah satu kiper terbaik di Premier League sejak awal kedatangannya ke Manchester City. Pep Guardiola yang menyukai kiper yang mampu mendistribusikan bola dengan baik berhasil mendapatkan keinginannya dalam diri Ederson.

Hingga kini, Ederson pun masih menjadi pilar tak tergantikan di Manchester City dan sulit untuk disingkirkan. Cemerlangnya karir Ederson di Manchester City kemudian membuat dirinya dianggap sebagai salah satu contoh kiper modern terbaik yang pernah ada.

Ederson pun kini telah tampil di 154 laga City dengan raihan 73 clean sheets. Kiper ini juga telah meraih berbagai trofi termasuk dua piala Premier League.

3 dari 4

Gilberto Silva

Gilberto Silva
Gilberto Silva © AFP

Arsenal dulu memiliki pilar tak terlihat yang sebenarnya begitu penting perannya sebagai jangkar di lini tengah. Membela Arsenal dari tahun 2002 hingga 2008, Gilberto Silva memainkan peran penting sebagai holding midfielder.

Gilberto Silva mengemban tugas sebagai pemberi rasa aman untuk pemain belakang Arsenal, dan bukti keberhasilannya adalah trofi Premier League 2004. Trofi yang terasa begitu spesial karena menjadi satu-satunya klub Inggris yang tidak pernah kalah sebagai juara.

4 dari 4

David Luiz

David Luiz kini menjadi salah satu pesepak bola yang kerap diremehkan kemampuannya. Namun, semua itu bisa dia patahkan dengan gelar-gelar yang telah diraihnya bersama klub Premier League.

David Luiz pernah berseragam Chelsea dalam dua periode dan semuanya berjalan lancar, Luiz selalu menjadi bek andalan di dua periodenya tersebut. Bersama The Blues, Luiz juga merasakan gelar Liga Champions, Liga Europa dan Premier League.

Selanjutnya David Luiz menyeberang ke Arsenal, di klub tersebut Luiz menjadi sosok senior dan merupakan pemain reguler.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)