FOLLOW US:


Best XI Pemain Pensiun di 2020: Apakah Mereka Bisa Raih Gelar?

17-11-2020 10:02

 | Aga Deta

Best XI Pemain Pensiun di 2020: Apakah Mereka Bisa Raih Gelar?
Javier Mascherano © AP

Bola.net - 2020 menjadi tahun yang sangat sulit dalam dunia sepak bola. Pandemi virus corona telah membuat kehidupan sepak bola menjadi kacau balau.

Selain itu, tidak sedikit bintang sepak bola yang memutuskan pensiun sepanjang 2020. Mereka gantung sepatu setelah memeriahkan jagad sepak bola selama bertahun-tahun.

Javier Mascherano menjadi nama besar terbaru di dunia sepak bola yang gantung sepatu tahun ini. Estudiantes de La Plata menjadi klub terakhir pemain asal Argentina tersebut.

Mascherano pernah bermain di Eropa bersama West Ham, Liverpool dan juga Barcelona. Mantan pemain Corinthians itu juga sempat mengadu nasib di China bersama Hebei China Fortune.

Namun, Mascherano tidak gantung sepatu sendirian tahun ini. Jika dilihat ada banyak pemain ternama yang mengakhiri karier di tahun 2020, dari mulai kiper hingga penyerang.

Berikut Best XI yang berisikan 11 pemain yang gantung sepatu di 2020 dengan menggunakan formasi 4-4-2.

1 dari 4

Kiper

Kiper
Iker Casillas © AFP

Iker Casillas

Serangan jantung yang dideritanya pada tahun 2019 membuat Iker Casillas absen lama sebelum ia memutuskan untuk gantung sarung tangan. Ia mengakhiri karier yang membuatnya memenangkan 24 gelar dalam 1.039 pertandingan.

2 dari 4

Lini Belakang

Lini Belakang
Javier Mascherano © AFP

Bek Kanan
Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner gantung sepatu pada usia 36 saat bermain di Augsburg. Tahun-tahun terbaiknya terjadi di Italia bersama Juventus.

Bek Tengah
Vincent Kompany

Pemain Belgia itu mundur dari dunia sepak bola setelah 17 tahun bermain di level atas. Anderlecht menjadi klub terakhir yang dibela Kompany.

Bek tengah
Javier Mascherano

Mantan pemain Barcelona ini pensiun pada November. Ia mengakhiri kariernya di Argentina setelah bermain di Eropa dan juga Asia.

Bek kiri
Jeremy Mathieu

Setelah mengalami cedera lutut yang serius dalam latihan, pemain Prancis ini memutuskan untuk gantung sepatu. Mantan pemain Barcelona tersebut mengakhiri karier bermainnya di usia 36.

3 dari 4

Lini Tengah

Lini Tengah
Daniele De Rossi © AP Photo

Gelandang
Daniele de Rossi

Daniele de Rossi punya masalah pribadi dengan Boca Juniors pada bulan Januari. Karena itu, ia memutuskan untuk mengakhiri kontraknya di klub Argentina tersebut .

Gelandang
Fernando Gago

Fernando Gago memilih untuk pensiun di Velez Sarsfield pada bulan November. Gelandang Argentina itu pernah bermain di Eropa bersama Real Madrid dan AS Roma.

Gelandang
Andre Schurrle

Pemenang Piala Dunia ini mengakhiri karier bermainnya pada usia yang cukup muda yaitu 29 tahun. Schurrle pernah bermain untuk sejumlah klub seperti Mainz, Bayer Leverkusen, Chelsea Wolfsburg hingga Borussia Dortmund.

Gelandang
Aleksander Hleb

Pemain Belarusia menikmati karier bermain selama 22 tahun, terutama di Stuttgart, Arsenal dan Barcelona. Isloch Minsk Raion menjadi klub terakhir Hleb.

4 dari 4

Lini Depan

Lini Depan
Bomber Athletic Bilbao, Aritz Aduriz © LaLiga

Penyerang
Aritz Aduriz

Ikon Athletic Club ini mengejutkan penggemar dengan mengumumkan pensiun di bulan Mei, sebelum musim 2019/20 berakhir. Selain Los Leones, Aduriz juga pernah bermain untuk Valladolid, Mallorca dan Valencia.

Penyerang
Mario Gomez

Stuttgart adalah klub terakhir Mario Gomez. Ia berhasil mengantarkan klub tersebut meraih promosi ke Bundesliga sebelum gantung sepatu.

Sumber: Marca