FOLLOW US:


Alisson Becker vs Manchester United: Tak Kebobolan, 4 Penyelamatan, dan 1 Assist

20-01-2020 09:48

 | Asad Arifin

Alisson Becker vs Manchester United: Tak Kebobolan, 4 Penyelamatan, dan 1 Assist
Alisson Becker © AP Photo

Bola.net - Alisson Becker menjadi salah satu pemain Liverpool yang tampil apik pada laga melawan Manchester United. Bukan hanya tangguh di bawah mistar, kiper asal Brasil juga memberi satu assits bagi timnya.

Liverpool berjumpa Manchester United di pekan ke-23 Premier League musim 2019/2020, Minggu (19/1/2020) malam WIB. Bermain di Anfield, Liverpool mengamankan tiga poin dengan menang 2-0.

Virgil van Dijk membuka keran gol Liverpool pada menit ke-14, usai menerima umpan Trent Alexander-Arnold. Gol kedua terjadi pada menit 90+2 lewat aksi Mohamed Salah.

Hasil ini membuat Liverpool meraih 64 poin dan makin jauh di puncak klasemen Premier League. Liverpool bakal sulit dikejar Manchester City yang berada di posisi kedua dengan 48 poin saja.

1 dari 2

Peran Penting Alisson Becker

Manchester United bukan tidak memberi perlawanan pada Liverpool. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer tampil cukup bagus. Mereka melepaskan sembilan tendangan, dengan empat yang mengarah ke gawang.

Keempat peluang tersebut mampu digagalkan Alisson Becker yang tampil gemilang. Mantan kiper AS Roma ini membuat empat penyelamatan, satu lebih banyak dibanding David de Gea.

Bukan hanya itu saja, Alisson Becker juga berkontribusi besar pada gol Mohamed Salah. Ketika itu, para pemain United fokus menyerang pada skema bola mati. Alisson Becker tampil sangat sigap.

Setelah mampu merebut penguasaan bola, Alisson Becker melepas umpan jauh untuk Mohamed Salah yang berlari sendirian ke arah gawang. Mohamed Salah mencetak gol lewat umpan Alisson Becker.


Alisson Becker menjadi kiper Liverpool pertama yang memberi assist pasca Pepe Reina melakukannya pada 2010 silam. Saat itu, Pepe Reina memberikan assist untuk gol Fernando Torres.

2 dari 2

Benteng Pertahanan Liverpool yang Kuat

Performa apik pertahanan Liverpool tentu bukan karena faktor Alisson Becker seorang. Ada juga empat bek di depannya yang tampil bagus. Pada tujuh laga terakhir di Premier League, Liverpool tidak pernah kebobolan.

Liverpool kini sudah punya skema paten di lini belakang. Alisson Becker di bawah bawah mistar. Dua bek tengah dipercayakan kepada Joe Gomez dan Virgil van Dijk. Lalu, posisi bek sayap milik Andy Robertson dan Alexander-Arnold.


Komposisi tersebyr terbukti jitu dengan meraih cleansheet pada tujuh laga Premier League terakhir. Lini pertahanan Lverpool bakal makin kokoh menyusul kembalinya Joel Matip dari cedera yang dialami sejak September 2019 lalu.

Sumber: Squawka