FOLLOW US:


Apakah Manchester City Dirugikan VAR Lagi?

08-12-2019 10:18

 | Yaumil Azis

Apakah Manchester City Dirugikan VAR Lagi?
Pemain Manchester City tampak lesu saat berhadapan dengan Manchester United di Premier League, Minggu (8/12/2019). © AP Photo

Bola.net - Manchester City kembali gagal meraih kemenangan yang keenam kalinya di ajang Premier League musim ini. Pada hari Minggu (8/12/2019) tadi, mereka kalah atas salah satu rival bebuyutannya, Manchester United.

Bermain di Etihad Stadium tidak membantu Manchester City untuk menuai tiga poin dari the Red Devils. Bahkan, mereka sempat tertinggal dua gol sebelum Nicolas Otamendi, memperkecil kedudukan di menit akhir.

Hasil ini membuat asa the Citizens untuk meraih gelar Premier League musim ini semakin menipis. Mereka kini tertinggal 14 poin dari Liverpool yang sedang memuncaki klasemen.

Dan dalam pertandingan kontra Manchester United ini, ada satu pemandangan yang menarik perhatian publik. Pemain Manchester United, Fred, tertangkap kamera menyentuh bola di kotak penalti dalam satu momen permainan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Manchester City Dirugikan Lagi?

Sebelumnya, Manchester United sudah mendapatkan satu keuntungan dari VAR. Keuntungan itu berbentuk hadiah penalti yang sukses dieksekusi Marcus Rashford di menit ke-23.

Lalu, beberapa menit setelahnya, Fred terlihat menyentuh bola di kotak terlarang saat berupaya menghalangi umpan silang pemain City. Ia melakukannya sembari menjatuhkan diri ke tanah.

Pemain Manchester City sudah melakukan protes, tetapi wasit tidak mengindahkan, Alhasil mereka pun tak bisa mendapatkan penalti seperti yang telah diberikan kepada Manchester United.

Josep Guardiola selaku pelatih Manchester City merupakan sosok yang paling merasa tidak cocok dengan keberadaan VAR. Ada beberapa kali ia mengeluhkan keputusan wasit yang tidak menguntungkan timnya.

2 dari 2

Wasit Sudah Benar?

Kendati terlihat jelas bahwa Fred menyentuh bola di kotak terlarang, tetapi keputusan wasit mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Salah satunya datang dari mantan wasit Premier League, Dermot Gallagher.

"Bola menyentuh tangan, tak perlu diragukan lagi, tapi dia berada di tanah. Tangannya terletak di dekat badan. Bola menabraknya, tidak lebih. Dan wasit cukup benar dengan tidak memberikan penalti," ujarnya dikutip dari Goal.

Legenda Manchester United, Ryan Giggs, juga menyatakan sepakat dengan keputusan wasit. "Ya, sudah pasti bukan sebuah penalti," ucapnya.

Sementara itu, Roberto Martinez selaku pelatih Timnas Belgia punya pandangan dari dua sisi. "Fred menggunakan tangan karena jatuh ke tanah? Maka itu adalah posisi yang wajar," ungkapnya.

"Namun intepretasinya bisa jadi bahwa itu adalah bagian di luar badan jadi itu adalah salah satu aksi yang di mana anda harus menerima apa yang wasit katakan," tutupnya.

(Goal International)