FOLLOW US:


Arsenal: Bukan Perubahan dalam Semalam, tapi Langkah Kecil di Jalur yang Tepat

26-02-2020 04:00

 | Richard Andreas

Arsenal: Bukan Perubahan dalam Semalam, tapi Langkah Kecil di Jalur yang Tepat
Mikel Arteta bersama skuad Arsenal usai kemenangan 3-2 atas Everton di Premier League 2019/20. © AP Photo

Bola.net - Meski perlahan, Mikel Arteta diyakini telah menuntun Arsenal untuk terus berkembang. Dimulai dari memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil dan meningkatkan kekuatan-kekuatan terbaik mereka.

Teranyar, Arsenal sukses memetik tiga kemenangan beruntun dalam tujuh hari. Laju The Gunners sejak ditangani Arteta juga terbilang positif, hanya satu kali kalah, meski lebih banyak imbang.

Menurut analis Sky Sports, Gary Neville, Arsenal yang sekarang sebenarnya belum benar-benar mentas dari masalah. Mereka masih kesulitan, tapi gaya bermain yang diinginkan Arteta telah menutupi kelemahan-kelemahan tersebut.

Apa kata Neville soal Arteta di Arsenal? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Lebih Baik

Menurut Neville, Arsenal jelas sudah bermain lebih baik di bawah Arteta, meski bukan berarti sudah mentas dari masalah. Dia yakin perbedaan permainan Arsenal bisa dilihat jelas sejak kedatangan Arteta.

"Arsenal sudah mencoba untuk lebih baik di bawah Mikel Arteta, dengan banyak hasil imbang dan mungkin mereka belum mendapatkan kemenangan-kemenangan yang mereka inginkan," tutur Neville.

"Sudah ada perkembangan di defensif. Memang selalu ada momentum untuk bangkit di bawah pelatih baru. Anda bisa menemui perbedaan-perbedaan Arsenal sejak dilatih Arteta."

2 dari 3

Mengubah Kelemahan Jadi Kekuatan

Menurut Neville, Arteta mengambil jalan yang sangat berisiko untuk mengembangkan tim Arsenal. Dia tahu pertahanan merupakan titik lemah The Gunners dan langsung berusaha memperbaiki masalah tersebut.

"Arteta mencoba membangun tim berdasarkan landasan di mana timnya menyuguhkan pertahanan yang sangat buruk sepanjang musim, mencoba memperbaiki itu. Pada akhirnya Anda harus mencoba tidak kebobolan terus-menerus," imbuh Neville.

"Arsenal masih jauh dari level top dan kita tidak bisa mengharapkan banyak perubahan dalam semalam, hanya langkah-langkah kecil di jalur yang tepat."

3 dari 3

Gaya Bermain Arsenal

Arsenal yang sekarang memang lebih berani membawa bola, memainkan umpan-umpan pendek. Bagi Neville, gaya bermain ini adalah cara Arteta menutupi kelemahan timnya.

"Yang penting adalah membuat pemain-pemain yang tepat berada di posisi yang tepat, dan menutupi kelemahan tim, itulah yang coba dilakukan Arteta," lanjut Neville.

"Dia memainkan sistem yang menutupi fakta bahwa barisan bek tengahnya masih kesulitan dan kipernya pun terkadang kesulitan," tandasnya.

Sumber: Sky Sports