Azpilicueta Tinggalkan Chelsea? Jawaban Tuchel Tidak Beri Kepastian!

Richard Andreas | 19 Mei 2022 12:00
Cesar Azpilicueta. (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel akhirnya bicara panjang mengenai spekulasi kepergian Cesar Azpilicueta. Dia mengakui bahwa situasi sekarang tidak mendukung untuk Azpi bertahan di Chelsea.

Kabar kepergian Azpilicueta sudah mencuat sejak beberapa pekan lalu. Kabarnya, Azpi jadi salah satu target utama Barcelona untuk mengisi pos bek kanan.

Kabarnya, Barca menawarkan kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan semusim. Chelsea tidak bisa menawarkan kepastian sepanjang itu karena Azpi sudah 32 tahun.

Karena itu, kemungkinan besar Chelsea harus merelakan kepergian Azpi akhir musim ini. Lantas, apa kata Tuchel?

1 dari 3 halaman

Siklus sudah berakhir?

Meski sudah 32 tahun, Azpilicueta terbukti masih bermain apik untuk Chelsea. Bahkan, dia bisa disebut sebagai salah satu bek paling konsisten musim ini.

Tuchel mengakui tenaga Azpi masih dibutuhkan. Namun, setelah bicara langsung, dia pun menyadari sudut pandang Azpi.

"Kami banyak berdiskusi sebab sungguh rasanya dia sudah meraih segalanya setelah menjuarai Club World cup. Lalu, dia menjelaskan situasinya pribadi, dan saya bisa memahami bahwa mungkin siklusnya sudah berakhir," ujar Tuchel.

"Lalu ada pula perubahan pemilik klub, padahal dia hanya pernah bermain di bawah pemilik lama [Abramovich] dan di bawah struktur yang sekarang. Jadi mungkin itu semakin mendorong pemikirannya."

2 dari 3 halaman

Tidak pasti

Diduga, Chelsea punya hak memperpanjang kontrak Azpi untuk satu tahun lagi. Klausul ini ditentukan oleh jumlah penampilan di kompetisi tertentu.

Biar begitu, Tuchel tidak bisa menjamin. Memang dia ingin Azpi bertahan lebih lama lagi, tapi pilihan juga berada di tangan bek Spanyol tersebut.

"Pada satu titik, jika Anda adalah seorang legenda seperti dia, Anda mungkin layak mendapatkan pertimbangan kedua dari pelatih dan dari klub," ujar Tuchel.

"Mungkin ada pengecualian dalam aturan tersebut [perpanjangan kontrak satu tahun] dan kami masih dalam proses itu."

"Jika dia tidak bisa menghilangkan perasaan itu [ingin pergi] maka kami harus bicara terbuka, serius, dan dengan respek, sebab dia layak mendapatkannya," tandasnya.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR