FOLLOW US:


Derby London Utara, Tottenham Beri Pelajaran Taktik Berharga Pada Arsenal

08-12-2020 17:01

 | Dimas Ardi Prasetya

Derby London Utara, Tottenham Beri Pelajaran Taktik Berharga Pada Arsenal
Duel Tottenham vs Arsenal di pekan ke-11 Premier League di Tottenham Hostpur Stadium, Minggu (06/11/2020) malam WIB. © Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Arsenal Freddie Ljungberg mengatakan The Gunners mendapatkan pelajaran taktik yang berharga dari Tottenham pada derby London Utara akhir pekan kemarin.

Arsenal bertandang ke markas Tottenham pada matchday 11 Premier League 2020-21 kemarin. The Gunners tampil dominan dalam penguasaan bola.

Mereka juga membombardir pertahanan Tottenham dengan umpan silang baik dari sayap kiri maupun kanan. Namun mereka pada akhirnya kalah 2-0, meski Spurs hanya mendominasi bola sekitar 30 persen saja sepanjang 90 menit.

The Gunners dihukum oleh dua serangan balik brilian Spurs. Gol pertama dicetak oleh Son Heung-min dan yang kedua oleh Harry Kane.

1 dari 2

Pelajaran dari Tottenham untuk Arsenal

Freddie Ljungberg sebelumnya pernah didapuk menjadi manajer interim Arsenal. Ia ditunjuk sebelum Mikel Arteta direkrut ke Emirates Stadium.

Pria asal Swedia itu mengatakan kekalahan Arsenal dari Tottenham itu terasa meyakitkan baginya. Namun meski menyakitkan, Ljungberg mengakui ada pelajaran berharga yang bisa dipetik oleh Mikel Arteta dari taktik yang digunakan oleh Jose Mourinho di laga derby London Utara tersebut.

"Saya belum pulih [dari kekalahan atas Tottenham]. Itu sulit tapi Mourinho memberi kami pelajaran tentang bagaimana memainkan permainan taktis," cetusnya pada Mirror.

2 dari 2

Kaget Dengan Performa Tottenham

Lebih lanjut, Freddie Ljungberg juga mengaku ia terkejut dengan performa Tottenham. Ia tak mengira Harry Kane dkk bisa menjadi sangat tangguh pada musim ini dan bahkan bisa menguasai puncak klasemen Premier League.

"Itu menarik tetapi masih menyakitkan. Saya pikir Spurs, saya tidak berpikir mereka akan sejauh itu atau puncak klasemen, jujur saja," akunya.

"Tapi Anda lihat Mourinho, ia membuat mereka terinspirasi, semua pemainnya melakukan apa yang ia ingin mereka lakukan, yang menurut saya adalah hal tersulit ketika Anda memainkan jenis sepak bola yang ia lakukan. Angkat topi kepadanya, mereka melakukan itu dengan sangat, sangat baik," pujinya.

Kekalahan dari Tottenham itu membuat Arsenal terpuruk ke posisi 15 klasemen sementara Premier League. Skuat Mikel Arteta kini mengoleksi 13 poin, terpisah 11 angka dari pasukan Jose Mourinho yang ada di pucuk klasemen.

(Mirror)