FOLLOW US:


Eks Liverpool: Memulangkan Coutinho Adalah Sebuah Kemunduran

18-07-2019 22:26

 | Dimas Ardi Prasetya

Eks Liverpool: Memulangkan Coutinho Adalah Sebuah Kemunduran
Philippe Coutinho © AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Liverpool Danny Murphy menyebut langkah memulangkan Philippe Coutinho justru akan menjadi sebuah kemunduran bagi The Reds.

Coutinho sempat menjadi senjata andalan Liverpool selama lima tahun sebelum ia hengkang ke Barcelona pada musim dingin 2018 lalu. Bermain di sayap kiri, ia menjadi sumber kreativitas serangan The Reds.

Ia juga menjadi sumber gol bagi Liverpool. Sayangnya di Barca nasibnya tidak sebagus di Anfield.

Coutinho gagal menunjukkan performa terbaiknya sampai saat ini. Alhasil ia pun disebut bakal hengkang dari klub Catalan itu.

Ia pun disebut berpeluang besar hengkang pada musim panas ini. Sebab Barca mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Pemain asal Prancis itu jelas akan menempati pos sayap kiri menemani Luis Suarez dan Lionel Messi. Coutinho kemudian disebut membuka kans pulang ke Liverpool.

1 dari 2

Ganggu Keseimbangan Tim

Coutinho disebut siap balik ke Liverpool dengan status pinjaman selama dua tahun. Namun Murphy merasa bahwa jika pemain 27 tahun itu kembali ke Anfield, ia malah tak akan bisa membuat skuat makin solid.

“Liverpool akan mengambil langkah mundur jika mereka merekrut ulang Coutinho," ujarnya pada bwin.

“Coutinho berada dalam kondisi terbaiknya ketika bermain di formasi tiga pemain di lini tengah, bukan melebar di kiri. Jika ia kembali, ia akan mengubah dinamika tim dan itu akan mengganggu keseimbangan tim," cetusnya.

2 dari 2

Atlet Super

Selain ini lini tengah Liverpool sering diisi oleh trio Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum dan Fabinho. Kadang mereka bergantian dengan James Milner dan Naby Keita atau Adam Lallana dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Menurut Murphy para pemain itu memang layak berada di sana. Sebab mereka bertahan dan menyerang sama solidnya dan hal itu tak dimiliki Coutinho.

“Lini tengah tiga Liverpool semuanya adalah atlet super yang bertahan sebagus saat mereka menyerang, dan mereka akan kalah jika Coutinho bermain di sana," tegasnya.

“Klopp memiliki kemampuan untuk mencoba formasi yang berbeda begitu Coutinho pergi dan hasilnya berbicara sendiri. Akan berisiko untuk kembali mengakomodasi Coutinho," terangnya.

"Selalu ada ruang untuk pemain kreatif, tetapi Liverpool harus melihat pemain seperti Ousmane Dembele atau [Wilfried] Zaha, bukan Coutinho," tandasnya.