FOLLOW US:


Filosofi Timnas Inggris Dikritik, Main Seperti Cara Jurgen Klopp Saja

12-06-2019 10:43
Filosofi Timnas Inggris Dikritik, Main Seperti Cara Jurgen Klopp Saja
Inggris © AP Photo

Filosofi permainan yang kini dianut oleh timnas Inggris mendapat kritik tajam dari Rio Ferdinand, sang mantan pemain. Menurutnya, daripada bermain ala Pep Guardiola, Inggris lebih baik main seperti cara Jurgen Klopp.

Timnas Inggris melakukan perubahan yang cukup ekstrem di bawah kendali Gareth Southgate. Inggris melupakan gaya bermain klasik mereka dengan kekuatan fisik dan bola-bola panjang.

Sebagai gantinya, Southgate memilih untuk sering berkonsultasi dengan Pep Guardiola. Dia ingin menduplikasi gaya bermain manajer asal Spanyol itu. Inggris bermain dengan bola pendek dan memaksakan penguasaan bola.

Dengan gaya itu, Inggris bermain baik di Piala Dunia 2018 dan mencapai babak semifinal. Namun, setelah kalah 3-1 atas Belanda di semifinal UEFA Nations League beberapa waktu lalu, gaya bermain Inggris mengundang kritik yang tajam.

"John Stones mencoba bermain dengan cara yang sama di Inggris dengan di Man City. Tapi, apakah pemain lain cukup bagus untuk menerima bola, untuk bermain seperti itu sampai ke lini tengah?," buka Ferdinand kepada Sportsmole.

"Apakah mereka dilatih dengan cara yang sama dengan yang dipahami oleh Stones untuk memainkan peran itu? Ada banyak elemen berbeda. Apakah tim ini dibentuk untuk bermain seperti itu? Ada banyak tanda tanya," tandasnya.