FOLLOW US:


Ini Penyebab Manchester United Terpuruk versi Wayne Rooney

17-05-2019 21:40

 | Wayne Rooney

Ini Penyebab Manchester United Terpuruk versi Wayne Rooney
Manchester United dikalahkan Wolverhampton. © AP

Bola.net - Mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney punya analisis terkait keterpurukan mantan timnya musim ini. Rooney percaya bahwa tidak ada sosok yang ditakuti di skuat Setan Merah saat ini sehingga para pemain bisa berleha-leha.

Manchester United sendiri mengalami salah satu musim terburuk dalam sejarah klub mereka tahun ini. Selain tidak memenangkan satupun trofi juara, Setan Merah juga finish di peringkat 6 klasemen akhir EPL, sehingga mereka gagal bermain di Liga Champions.

Sejumlah pakar menilai salah satu penyebab MU terpuruk adalah performa para pemain yang kurang maksimal. Pemain-pemain seperti Paul Pogba, Alexis Sanchez, Anthony Martial dan Romelu Lukaku dinilai kerap bermalas-malasan sehingga tidak mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

Rooney sendiri mengamini anggapan tersebut, karena menurutnya para pemain MU saat ini terlalu berleha-leha. "Saya rasa para pemain butuh seseorang yang harus mereka takuti," buka Rooney kepada Wayne Rooney Podcasts.

Scroll berita ini ke bawah untuk membaca pendapat top scorer sepanjang masa MU tersebut.

1 dari 3

Rasa Takut

Rooney percaya bahwa tidak adanya sosok yang ditakuti di skuat MU membuat para pemain MU tidak terpacu untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya di dalam tim.

Ia percaya jika para pemain memiliki rasa takut terhadap pelatih mereka, maka mereka akan terpacu untuk bermain lebih baik di setiap pertandingan karena mereka tidak mau dapat semprot dari pelatih mereka.

"Mereka harus takut kepada Ole Gunnar. Mereka juga harus takut kepada Michael Carrick, di mana mereka harus hormat kepada mereka dan juga takut terhadap mereka."

2 dari 3

Kurangi Sosial Media

Rooney juga menilai salah satu penyebab MU terpuruk musim ini karena para pemainnya terlalu banyak pamer hal-hal yang tidak perlu di media sosial mereka.

"Sepakbola saat ini sudah berubah, masyarakat juga berubah terutama dengan kehadiran media sosial. Anda bisa melihat ada pemain yang ketika mereka kalah lalu mengunggah foto di media sosial mereka terkait brand fashion mereka yang baru, potongan rambut mereka yang baru, dan hal tidak penting lainnya yang menurut saya sangat luar biasa."

"Ketika fans memprotes mereka mengenai unggahan-unggahan itu, mereka selalu menyalahkan Divisi marketing mereka, padahal mereka harus bertanggung jawab akan hal itu."

3 dari 3

Berani Bertanggung Jawab

Rooney juga menegaskan bahwa ia tidak suka melihat para pemain MU yang berpura-pura menjadi korban di setiap kali mereka menelan kekalahan.

Ia menilai para pemain itu harus berani mengambil tanggung jawab jika memang performa mereka mengecewakan.

"Para pemain ini selalu mencoba mencari orang lain untuk berlindung di baliknya, entah itu di atas lapangan maupun di media sosial. Mereka selalu melakukan itu kendati mereka seharusnya mengambil tanggung jawab atas apa yang mereka perbuat." tandasnya.