FOLLOW US:


Jika Ingin Menyamai Level Man City, Liverpool Harus Membeli Pemain

03-07-2019 14:00

 | Richard Andreas

Jika Ingin Menyamai Level Man City, Liverpool Harus Membeli Pemain
Mohamed Salah mengangkat trofi Liga Champions 2019 usai antarkan Liverpool mengalahkan Tottenham. © AP Photo

Bola.net - Legenda Liverpool, Ray Clemence mengklaim trofi Liga Champions yang diraih The Reds musim lalu tak lantas membuat misi meraih trofi berikutnya jadi lebih mudah. Sebab itu, dia menyarankan Jurgen Klopp membeli pemain-pemain yang tepat untuk terus mengembangkan skuad.

The Reds nyaris mewujudkan mimpi mereka di Premier League musim lalu. Kuat sepanjang musim, Liverpool sukses meraih 97 poin hanya untuk jadi runner-up dan menyaksikan Manchester City meraih trofi dengan 98 poin.

Kegagalan itu menyakitkan, tetapi Liverpool membalasnya dengan menjuarai Liga Champions. Jurgen Klopp akhirnya terlepas dari beban berat empat tahun terakhir. Setelah penantian lama, akhirnya Klopp mempersembahkan trofi untuk Liverpool.

Kini, Liverpool tiba di persimpangan. Skuad mereka boleh jadi sangat kuat, tetapi bukan berarti tidak bisa dikembangkan. Meski relatif tenang di bursa transfer, Klopp harus mendatangkan pemain yang tepat untuk memperkuat skuad.

"Jika Liverpool ingin terus berkembang, mereka juga harus membeli pemain. Mereka harus naik satu level lagi oleh karena cara bermain Man City," kata Clemence kepada Express.

"Mereka mendapatkan 97 poin [musim 2018/19], hanya kalah satu pertandingan sepanjang musim dan finis di peringkat kedua. Itu saja luar biasa dan karena itulah saya puas mereka bisa menjuarai Liga Champions. Sebab tidak meraih apa pun bakal sulit dipercaya."

"Bagi klub - dan Jurgen - semakin lama mereka menunggu trofi, meski bermain sangat bagus, tekanan bakal semakin tinggi dan semakin tinggi," sambungnya.

Artinya, pekerjaan Jurgen Klopp belum benar-benar tuntas sampai dia mempersembahkan trofi Premier League. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Terus Juara

Trofi Liga Champions musim lalu itu bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan Liverpool. Jurgen Klopp telah mengembalikan identitas Liverpool sebagai salah satu klub terbesar di Eropa, dan misi mereka adalah terus meraih trofi beberapa tahun mendatang.

"Klopp diberi kesempatan empat tahun, yang mungkin tidak akan didapatkan banyak pelatih lain apabila mereka tidak meraih apa pun. Dia diberikan kesempatan itu karena dewan pengurus dan fans menyadari apa yang coba dia lakukan," imbuh Clemence.

"Sekarang mereka telah terlepas dari beban itu, mereka telah menjuarai sesuatu. Saya tahu bahwa itu bukan berarti segalanya jadi lebih mudah, tetapi setidaknya sekarang anda tahu bahwa anda bisa melakukannya," tandasnya.