FOLLOW US:


Jurgen Klopp Adalah The New Sir Alex Ferguson, Ini Alasannya

07-01-2020 17:15

 | Dimas Ardi Prasetya

Jurgen Klopp Adalah The New Sir Alex Ferguson, Ini Alasannya
Jurgen Klopp © AP Photo

Bola.net - Eks striker Manchester United Dion Dublin menyebut Jurgen Klopp adalah The New Sir Alex Ferguson setelah melihat caranya mengelola Liverpool sejauh ini.

Sir Alex menangani Setan Merah sejak tahun 1986, tepatnya mulai 6 November. Saat itu ia harus membenahi skuat United yang tengah bobrok.

Usahanya mulai membuahkan hasil pada musim 1989-90, di mana United memenangi trofi FA Cup, trofi perdana Sir Alex di klub tersebut. Era kesuksesan Setan Merah kemudian benar-benar dimulai pada musim 1992-93, di mana timnya memenangi trofi Premier League untuk pertama kalinya.

Setelah itu, Sir Alex membawa Setan Merah jadi juara EPL lagi sebanyak 12 kali. Ia juga membawa United memenangi banyak trofi lainnya, mulai dari Liga Champions (dua kali), Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub dan belaran gelar lain di pentas domestik.

1 dari 2

Klopp Mirip Sir Alex Ferguson

Liverpool terakhir kali jadi juara liga pada tahun 1990 silam. Itu artinya mereka sama sekali belum pernah menjadi juara di era Premier League.

Namun setelah menukangi Liverpool sejak akhir tahun 2015, Klopp mulai membentuk tim Merseyside itu jadi tim yang sangat kuat. The Reds musim 2019-20 ini berpeluang jadi juara liga untuk pertama kalinya.
The Reds juga sudah menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2019. Sebelum itu mereka sudah berhasil

memenangi trofi Liga Champions dan UEFA Super Cup.

"Jurgen Klopp bisa dibilang adalah Sir Alex Ferguson yang baru," cetus Dion Dublin kepada Radio 5 Live.

2 dari 2

Apa Alasannya?

Apa Alasannya?
Sir Alex Ferguson © AFP

Dion Dublin lantas menjelaskan apa alasannya menyebut Jurgen Klopp adalah Sir Alex Ferguson yang baru. Menurutnya ada kesamaan dalam cara kedua manajer itu mengelola klub, dari berbagai level.

“Yang saya maksud adalah ia menjalankan klub ini dari atas ke bawah. Ia memastikan bahwa sepak bola akademi memainkan gaya yang sama dengan tim utama. Ketika mereka lulus dari akademi, mereka tahu pekerjaan mereka, mereka tahu pekerjaan mereka, mereka tahu harus berada di mana, siapa yang harus didengarkan," terangnya.

“Mereka memiliki senior yang baik di sekitar mereka, para pemain profesional yang bagus yang melakukan pekerjaan dengan baik, tidak ada pemain yang suka berpakaian dan berperilaku mewah-mewahan, dan mereka menyukainya. Mereka suka bermain dengan mereka, mereka menghormati mereka dan para senior menghormati para pemain muda," tuturnya.

“Itulah sebabnya Anda mendapatkan penampilan yang seimbang oleh seluruh Klub Sepak Bola Liverpool ini. Mereka terlihat tak terbendung saat ini. Cara Jurgen Klopp memilih timnya telah meniadakan apa yang coba dilakukan tim-tim lain,” tandasnya.

Dion Dublin menjadi anak asuh Sir Alex Ferguson di Manchester United sejak tahun 1992 dan bertahan di Old Trafford selama dua tahun. Sementara itu Jurgen Klopp saat ini berpeluang untuk membawa Liverpool juga memenangi trofi FA Cup.

(radio 5 live)