FOLLOW US:


Karier Ozil Disebut Masih Bisa Diselamatkan Jika Mau Mengembangkan Kemampuan Ini

04-04-2019 12:00

 | Mesut Ozil

Karier Ozil Disebut Masih Bisa Diselamatkan Jika Mau Mengembangkan Kemampuan Ini
Aksi Mesut Ozil saat Arsenal vs Newcastle © AP

Bola.net - Mantan pelatih Arsenal, George Graham meyakini karier Mesut Ozil masih bisa diselamatkan. Dia percaya Ozil merupakan salah satu pemain terbaik di skuat Arsenal saat ini dan mereka hanya perlu menemukan cara untuk memaksimalkan potensi Ozil.

Sejak kedatangan Unai Emery, situasi Ozil cukup sulit. Dia sering dicadangkan karena gaya bermainnya dinilai tidak cocok dengan taktik Emery. Masalah kedisiplinan juga pernah mengganggu Ozil.

Biar begitu, dalam beberapa pekan terakhir ini Emery mulai memercayai Ozil. Gelandang asal Jerman itu beberapa kali mendapatkan kesempatan bermain, terakhir dia tampil apik saat Arsenal mengalahkan Newcastle (2-0), Selasa (2/4) dini hari WIB.

Sebab itu, Graham yakin yang dibutuhkan Ozil adalah dukungan yang tepat. Baca komentar selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Bekerja Tanpa Bola

Menurut Graham, masalah utama Ozil adalah pergerakan tanpa bola. Dia yakin Ozil belum bekerja cukup keras untuk merebut bola atau sekadar menutup ruang gerak lawan. Aspek inilah yang perlu dikembangkan Ozil.

"Jika saya masih jadi pelatih, saya mungkin memainkan [Pattrick] Vieira dan [Emmanue] Petit di kedua sisi, dan menempatkan Ozil di tengah!" tegas Graham pada Love Sport Radio.

"Dia sungguh berkualitas saat menguasai bola. Tidak perlu diragukan lagi."

"Jika mereka bisa membuat dia bekerja lebih keras saat tidak menguasai bola, mereka bakal mendapatkan pemain fantastis," imbuhnya.

2 dari 2

Perlu Bekerja Keras

Komentar Graham ini dilandaskan pada gaya sepak bola modern yang menuntut pemain bekerja lebih keras. Mereka tidak bisa hanya bermain saat mendapatkan bola, pergerakan tanpa bola juga sangat penting.

"Pada sepak bola modern, anda harus bermain ketika anda mendapatkan bola dan bermain ketika anda tidak mendapatkan bola. Inilah cara sepak bola modern."

"Dia [Ozil] hanya perlu bekerja lebih keras dengan sikap dan kemampuan fisik yang tepat. Dia tidak akan pernah menekel lawan. Tetapi setidaknya mereka berharap ketika kehilangan bola, Ozil mau kembali ke bentuk formasi tim" tandasnya.