FOLLOW US:


Kemandulan Firmino Menjadi Misteri Bagi Legenda Liverpool Ini

14-01-2020 19:20

 | Dimas Ardi Prasetya

Kemandulan Firmino Menjadi Misteri Bagi Legenda Liverpool Ini
Selebrasi Roberto Firmino paska membobol gawang Tottenham © Liverpool FC

Bola.net - Eks penyerang Liverpool John Aldridge mengaku kemandulan Roberto Firmino di Anfield musim ini masih menjadi sebuah misteri besar baginya.

Firmino merupakan pilar utama lini serang Liverpool. Sejak diasuh oleh Jurgen Klopp, pemain asal Brasil ini bisa mencetak banyak gol, meski tidak sebanyak Sadio Mane atau pun Mohamed Salah.

Pada awal musim ini di liga ia menunjukkan penampilan yang menjanjikan dengan mencetak tiga gol dari enam laga. Namun setelah itu ia cukup lama tidak mencetak gol lagi.

Ia baru bisa mencetak gol lagi di laga lawan Crystal Palace. Dan belakangan ini ia terlihat mulai menemukan performa terbaiknya lagi dengan mencetak tiga gol dalam empat laga.

Dua gol ia cetak lawan Leicester City. Satu gol lagi ia ciptakan saat bersua dengan Tottenham.

1 dari 2

Misteri Gol Anfield

Total sudah tujuh gol ia cetak di pentas Premier League sejauh ini. Namun semua gol itu dicetak Roberto Firmino di laga tandang.

Ia belum pernah mencetak gol sekalipun di Anfield di liga pada musim 2019-20 ini. Hal ini membuat John Aldridge menjadi sangat heran.

“Satu misteri bagi saya musim ini adalah performa Roberto Firmino dan golnya menambah lapisan lain pada kebingungan. Firmino masih menunggu gol pertamanya di Premier League di Anfield dan tampaknya memiliki tingkat kepercayaan yang sama sekali berbeda dalam pertandingan tandang," cetusnya pada Irish Independent.

“Ia telah muncul dengan beberapa gol paling signifikan di musim Liverpool dengan gol yang membawa kemenangan di Southampton, Chelsea dan Crystal Palace, serta mencetak gol yang mengamankan trofi Piala Dunia Antarklub FIFA," tuturnya.

2 dari 2

Tidak Pede

John Aldridge kemudian mencoba menebak apa penyebab kemandulan Roberto Firmino di Anfield. Ia merasa saat bermain di depan pendukung Liverpool, Firmino justru seperti merasa grogi dan tidak percaya diri.

“Namun ketika saya mengawasinya di Anfield musim ini, ia tampak seperti pemain yang sangat tidak selaras dan tidak percaya diri," cetus Aldridge.

“Itu adalah posisi yang aneh untuk seorang pemain yang merupakan bagian penting dari tim luar biasa yang telah dibentuk Klopp, dengan golnya di Tottenham dilesakkan dengan otoritas yang mengesankan," serunya.

“Ia menuntaskan peluang melewati kiper Spurs, Paulo Gazzaniga untuk memberikan Liverpool keunggulan melawan tim Jose Mourinho yang diprediksi bermain defensif. Itu adalah penyelesaian akhir dari seorang penyerang yang memiliki kepercayaan penuh pada kemampuannya dan saya menduga bahwa jika kesempatan yang sama datang ke Anfield, ia mungkin akan melupakan kepercayaan dirinya itu," cetusnya.

Selain tujuh gol di pentas Premier League itu, Roberto Firmino baru mengemas dua gol di kompetisi lain, tepatnya di ajang Piala Dunia Antarklub 2019. Akhir pekan ini, Liverpool tentu berharap Firmino bisa mencetak gol perdananya di Anfield karena mereka akan berhadapan dengan rival bebuyutannya, Manchester United.

(Irish Independent)