FOLLOW US:


Kisah Ronaldo yang Tidak Pernah Bikin Jengkel Skuat MU dan Sangat Disayang Ferguson

22-08-2019 22:59

 | Dimas Ardi Prasetya

Kisah Ronaldo yang Tidak Pernah Bikin Jengkel Skuat MU dan Sangat Disayang Ferguson
Cristiano Ronaldo saat masih bermain di Manchester United © AFP

Bola.net - Eric Djemba-Djemba mengungkapkan Cristiano Ronaldo sama sekali tidak pernah membuat rekan-rekannya di Manchester United merasa jengkel dengan aksi-aksi individualnya dan menyebutnya sangat disayang Sir Alex Ferguson.

Ronaldo direkrut oleh Setan Merah pada tahun 2003 silam. Padahal ia sebelumnya baru satu musim tampil menawan di skuat utama Sporting Lisbon.

Ronaldo sendiri sempat diberi jersey nomor 7 di United. Ia juga diminta untuk belajar dari pemain legendaris Setan Merah, termasuk David Beckham.

Namun Ronaldo muda saat itu masih sering pamer keahliannya dalam mengolah si kulit bundar. Ia menikmati duel dengan pemain lawan sebelum menusuk masuk ke pertahanan lawan atau memberikan umpan ke kotak penalti.

1 dari 2

Tidak Menjengkelkan

Djemba-Djemba pun mengakui bahwa para pemain MU pun tak bisa menebak kapan Ronaldo akan memberikan umpan pada rekan-rekannya. Pasalnya ia suka memamerkan trik olah bolanya.

Namun demikian hal tersebut tak sampai membuat rekan-rekannya yang lain merasa jengkel. Mereka memaklumi aksi pemain Portugal tersebut.

“Para pemain tidak menganggap Ronaldo membuat mereka frustasi, ia masih muda. Jika Anda melihat Ronaldo sekarang versus yang bermain 15 tahun yang lalu, Anda dapat melihat perbedaannya," tuturnya pada American Gambler.

“Ia masih muda dan memang seperti itu gaya mainannya. Kadang-kadang sulit bagi [Ruud] van Nistelrooy, [Louis] Saha dan [Wayne] Rooney karena mereka tidak tahu apakah ia akan mengumpankan bolanya, ketika Anda menunggu umpan silang dan umpan itu tidak datang," bebernya.

“Tapi mereka tahu itu adalah gaya Cristiano, dan mereka tahu bahwa ia tidak akan mengumpankan bola sehingga mereka menunggu umpan silangnya, menunggu Ronaldo untuk menggiring bola melewati bek sebelum ia memberikan umpan silang. Ia tidak seperti David Beckham, ia akan mengambil satu sentuhan dan mengirimkan umpan. Cristiano menyukai trik-triknya!" seru Djemba-Djemba.

2 dari 2

Disayang Ferguson

Disayang Ferguson
Sir Alex Ferguson © AFP

Eks penggawa lini tengah Setan Merah ini juga menambahkan bahwa Ronaldo begitu disayang oleh Sir Alex Ferguson. Buktinya, CR7 tak pernah dimarahi sekalipun oleh manajer legendaris asal Skotlandia tersebut.

“Terkadang Ferguson akan mengatakan 'tidak' pada Ronaldo, tetapi saya tidak pernah melihat Fergie marah atau tidak bahagia pada Cristiano,” tambah Djemba-Djemba.

“Bagi Ferguson untuk tidak bahagia sangat sulit baginya; ia seperti seorang ayah dengan anak-anaknya! Ia bisa tidak senang jika kita main imbang atau tidak bermain dengan baik. Ia seperti semua orang, anda bisa tidak bahagia karena anda tidak bermain dengan baik," tuturnya.

Akan tetapi, Djemba-Djemba juga mengaku Ferguson tak pernah merah juga kepadanya. Demikian juga dengan beberapa pemain lainnya, termasuk Rio Ferdinand.

“Ia tidak pernah marah pada saya; ia seperti ayah saya! Ia adalah seorang ayah untuk Cristiano, John O'Shea, [Darren] Fletcher, [David] Bellion, bahkan Rio Ferdinand!" tandasnya.

Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United pada tahun 2009. Ia memutuskan menerima pinangah dari Real Madrid.

(American Gambler)