FOLLOW US:


Kisah Santi Cazorla: Sempat Nyaris Diamputasi, Kini Jadi Pencetak Gol Spanyol

16-11-2019 10:00

 | Serafin Unus Pasi

Kisah Santi Cazorla: Sempat Nyaris Diamputasi, Kini Jadi Pencetak Gol Spanyol
Selebrasi Santi Cazorla usai membobol gawang Malta, Sabtu (16/11/2019) © AP Photo

Bola.net - Pertandingan antara Timnas Spanyol melawan Malta dini hari tadi merupakan sebuah laga yang spesial untuk seorang Santi Cazorla. Pemain Villarreal itu untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir mencetak gol untuk Timnas Spanyol.

Pada jeda internasional kali ini, Cazorla menjadi salah satu gelandang yang dipanggil oleh Robert Moreno. Ia dipanggil untuk memperkuat skuat La Furia Roja untuk laga kualifikasi Euro 2020 melawan Timnas Malta dan Rumania.

Ini kali ketiga Cazorla terlibat dalam skuat La Furia Roja di tahun 2019. Sebelum pemanggilan pertamanya di bulan Mei kemarin, ia empat tahun absen dari skuat Timnas Spanyol.

Namun Cazorla dipercaya menjadi starter oleh Robert Moreno di laga itu, dan ia berhasil menjadi salah satu pencetak gol Spanyol setelah menang 7-0 atas Malta dini hari tadi.

Baca kisah menarik di balik gol Cazorla itu di bawah ini.

1 dari 3

Gol Pertama

Salah satu fakta menarik di balik gol Cazorla ke gawang Malta dini hari tadi adalah gol itu merupakan penantian panjang dari sang gelandang.

Sebelum tahun 2015, Cazorla memang rutin bermain di Timnas Spanyol. Ia bahkan sudah mengemas 14 gol dari total 77 penampilan untuk La Furia Roja sejak debut di tahun 2008.

Namun ia harus absen hampir empat tahun lamanya karena ia berkutat dengan cedera yang tidak kunjung sembuh.

2 dari 3

Nyaris Diamputasi

Situasi cedera Cazorla sendiri memang cukup mengenaskan dalam beberapa tahun terakhir.

Ia sempat absen membela Arsenal untuk waktu yang lama untuk mengobati cederanya. Pada tahun 2015 silam, dokter yang menanganinya sempat mengatakan bahwa Cazorla akan sangat beruntung jika ia bisa berjalan lagi, di mana ia sempat divonis bisa mendapatkan amputasi akibat cedera yang ia alami.

Namun Cazorla tidak menyerah dengan situasi tersebut. Perlahan tapi pasti, ia berhasil menyembuhkan cederanya, lalu pindah ke Villarreal di mana ia membangun kembali karirnya di sana sebelum mendapatkan kepercayaan kembali untuk memperkuat Timnas Spanyol.

3 dari 3

Penampilan Apik

Musim ini Cazorla memang tampil istimewa di skuat Villarreal.

Ia tercatat mengemas 5 gol dan empat assist bagi The Yellow Submarine di ajang La Liga.

(Sportbible)