FOLLOW US:


Komposisi Trio Penyerang Arsenal Berubah, Ada Apa Wahai Mikel Arteta?

18-10-2020 02:45

 | Yaumil Azis

Komposisi Trio Penyerang Arsenal Berubah, Ada Apa Wahai Mikel Arteta?
Manajer Arsenal Mikel Arteta. © AP Photo

Bola.net - Ada yang sedikit berbeda dari starting XI usungan Mikel Arteta kala Arsenal berhadapan dengan Manchester City di Premier League, Sabtu (17/10/2020). Komposisi trio penyerangnya tidak terlihat seperti biasanya.

Biasanya, posisi penyerang diisi oleh salah satu dari Eddie Nketiah atau Alexandre Lacazette dan diapit oleh Pierre-Emerick Aubameyang serta Willian. Namun untuk kali ini, Willian-lah yang mengisi pos tersebut.

Sisi yang biasanya ditempati oleh Willian diisi Nicolas Pepe. Sementara Nketiah dan Lacazette, untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan, terlihat duduk di bangku cadangan secara berbarengan.

Bisa jadi, perubahan ini yang membuat Arsenal gagal menjebol gawang Manchester City. Alhasil mereka pun tumbang dengan skor tipis 0-1 melalui gol penyerang the Citizens, Raheem Sterling.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Alasan Mikel Arteta

Ternyata, Arteta memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya mengubah komposisi trio penyerangnya. Ia tidak memberikan informasi detail, namun memastikan kalau keputusan untuk mencadangkan Lacazette dan Nketiah berdasarkan taktik.

"Kami harus memiliki fleksibilitas untuk bermain di posisi dan ruang yang berbeda. Berat rasanya untuk meninggalkan dua penyerang di bangku cadangan namun ini adalah keputusan taktik," ujar Mikel Arteta dikutip dari Football.london.

"Dalam beberapa momen itu berfungsi jauh lebih baik dari yang lain, tapi dia akan tumbuh dan saya senang melihat permainannya," lanjutnya.

2 dari 2

Harus Bertahan Lebih Dalam

Arteta menyayangkan timnya yang lebih sering mendekam di sepertiga awal lapangan ketimbang berkreasi di lini belakang the Citizens. Namun pada akhirnya, itu yang harus diperbuat Arsenal agar gawangnya tidak menjadi lumbung gol.

"Saya pikir kami harus bertahan lebih dalam dan mereka memiliki banyak pemain di sekitaran kotak penalti tanpa bisa menciptakan banyak hal. Cukup mengecewakan saat melihat tim kami bertahan sangat dalam," tambahnya.

"Kami bisa menciptakan lebih banyak lagi di sepertiga akhir lapangan, operan atau umpan silang terakhir. Harusnya kami bisa menambahkan sesuatu. Dengar, agar bisa mendapatkan kemenangan di sini, semua harus berjalan sesuai rencana."

Setelah ini, Arsenal harus bersiap untuk melakoni partai perdananya di pentas Liga Europa 2020/21 dengan Rapid Wien sebagai lawannya. Pertandingan tersebut digelar pada Kamis (22/10/2020) nanti di Allianz Stadion.

(Football.london)